UMUM : Kebijakan dan Arah

Perkembangan hukum nasional yang sangat pesat dan kompleks di Indonesia dewasa ini menampilkan, paling tidak 3 (tiga) fenomena. Pertama, pengembanan hukum secara praktikal masih diwarnai dengan berbagai kelemahan, baik di dalam institusi (kelembagaan) hukum, maupun di dalam kultur (budaya) hukum. Kelemahan ini dapat diamati dalam berbagai peristiwa hukum yang kerapkali terjadi, misalnya praktik mafia hukum di dalam dan di luar pengadilan, penegakan hukum yang diskriminatif, perilaku korup aparat penegak hukum, konflik antar lembaga penegak hukum, dan sebagainya. Kedua, kajian-kajian atau penelitian-penelitian hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan pembangunan sistem hukum nasional yang masih langka. Termasuk kebutuhan pembaharuan hukum nasional yang berdimensi global dan menampilkan karakteristik sistem hukum Indonesia yang berbasis pada pluralisme, nilai-nilai agama, dan kearifan lokal (local wisdom), serta nasionalisme Indonesia. Ketiga, kesenjangan antara dunia pendidikan tinggi hukum di Indonesia dengan kebutuhan-kebutuhan praktikal pembangunan dan tuntutan rasa keadilan dalam proses penegakan hukum. Kesenjangan ini juga akan menjadi masalah yang cukup serius apabila ternyata kemudian pendidikan tinggi hukum yang ada belum atau lamban meresponnya ke dalam sistem kurikulum yang ada, serta mentrasformasikannya ke dalam tradisi dan kultur akademik yang dapat melahirkan pemikiran-pemikiran hukum yang kritis, progresif dan inovatif.

Fenomena-fenomena hukum itulah yang memberikan inspirasi bagi Program Doktor Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Jember untuk menetapkan kebijakan dan arah pengembangan Program Doktornya untuk menghasilkan Doktor-Doktor di bidang Ilmu Hukum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan, memiliki kompetensi akademik, memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan internasional, memiliki sikap kritis dan kreatif/inovatif dalam mengembangkan ilmu hukum yang berguna untuk sebesar-besarnya kemaslahatan kemanusiaan (peradaban) dan tegaknya keadilan.

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan hukum yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan dalam rangka menemukan atau mengembangkan teori-teori baru di bidang ilmu hukum.
  2. Menyelenggarakan program penelitian dan pengkajian di bidang ilmu hukum untuk menghasilkan karya-karya akademik yang sarat dengan temuan atau pengembangan konsep dan/atau teori-teori yang secara aksiologik berguna bagi pengembangan ilmu hukum pada khususnya, dan berguna bagi pembangunan serta peradaban manusia yang lebih baik pada umumnya.
  3. Mengembangkan program pendidikan hukum yang mengarah pada pemikiran-pemikiran etik, moral dan filsafati untuk menunjang pengembangan ilmu hukum dan pembangunan hukum nasional.

TUJUAN

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor di bidang Ilmu Hukum yang kompeten, kritis dan kreatif dalam mengembangkan ilmu hukum yang ditekuninya;
  2. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor memiliki kemampuan bernalar atau berpikir hukum yang terstruktur dan sistematis, serta mampu memecahkan masalah-masalah hukum yang timbul berdasarkan prinsip-prinsip logikal yang dibangun berdasarkan teori-teori atau konsep-konsep hukum dan filsafat keilmuan yang baik dan kokoh;
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor di bidang Ilmu Hukum yang memiliki integritas dan kepribadian akademis, moral dan etika berperilaku yang baik serta memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan internasional yang memadai.

LAIN-LAIN

  1. Program Orientasi dan Pengayaan Materi dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Jember selama 2 minggu.
  2. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada Program Pascasarjana di Fakultas Hukum Universitas Jember. (www.pasca.unej.ac.id)