Paduan Suara mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember adalah salah satu UKM Fakultas Hukum Universitas Jember yang merupakan wadah untuk menampung dan mengembangkan seni Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum.

UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki nama yaitu “Lex Veritatis Chorale” yang berasal dari Bahasa Latin dan memiliki arti “Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember yang bernyanyi untuk Kebenaran”. Lingkup Kegiatan UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember adalah kegiatan anggota yang meliputi minat, bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan di bidang seni paduan suara dan manajerial serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan, dan kekompakan.

BERITA TERBARU

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember adalah salah satu UKM Fakultas Hukum Universitas Jember yang merupakan wadah untuk menampung dan mengembangkan seni Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum.

UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki nama yaitu “Lex Veritatis Chorale” yang berasal dari Bahasa Latin dan memiliki arti “Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember yang bernyanyi untuk Kebenaran”. Lingkup Kegiatan UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember adalah kegiatan anggota yang meliputi minat, bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan di bidang seni paduan suara dan manajerial serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan, dan kekompakan.

Pada tahun 1984, PSM FH UNEJ bukanlah sebuah UKM melainkan hanya sekumpulan mahasiswa yang memiliki minat dalam seni musik. Pada awalnya, PSM bergabung dengan UKM Bahana Justitia. Namun, setelah tahun 1984, anggota yang bergabung dalam bidang paduan suara memisahkan diri dari Bahana Justitia. Hal ini dilatarbelakangi oleh diadakannya Rektor Cup 1 Universitas Jember. Dalam perlombaan ini, PSM FH berhasil meraih juara 1. PSM FH UNEJ resmi menjadi UKM pada tanggal 12 Desember 2008 dengan nama PSM FH UNEJ dengan  disahkan oleh Wakil Dekan III dan atas persetujuan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember. Sekarang PSM FH UNEJ lebih dikenal dengan sebutan “Lex Veritatis Chorale”.

Visi : Menjadikan paduan suara berkualitas yang menjadi kebanggaan kampus Universitas Jember yang berprestasi.

Misi :

  1. Mempersatukan mahasiswa dari berbagai tingkatan untuk menjadi satu dalam UKM PSM FH Universitas Jember
  2. Menjadikan UKM Paduan Suara sebagai wadah untuk menampung dan mengembangkan bakat-bakat vokal mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember.

Pembina : Ikarini Dani Widiyanti, S.H., M.H

Ketua Umum : Moch. Iszul Prastyawan

Wakil Ketua Umum : Aura Maganta D.W

Sekretaris Umum : Tazkia Balqis

Bendahara Umum : Widya Dextaristyandhyra Theda Chrestella Mirable Antoinette

Divisi Kepelatihan

Kepala Divisi Kepelatihan : Fernando Adiel Satria W.

Sekretaris Divisi Kepelatihan : Angela Da Silva D.R

Kasubdiv Lomba/Latihan/Konser : Andreas Flemming S.

Kasubdiv Yudisium : Wahyu Yustianto

Divisi Pengembangan

Kepala Divisi Pengembangan : Sadewa Putra P.A

Sekretaris Divisi Pengembangan : Alifia Indraswari

Kasubdiv Keanggotaan : Izza Alestin

Kasubdiv Akademik : Yustisya Zaharon

Kasubdiv Kewirausahaan : Safira Salsabila

Kasubdiv Minat & Bakat : R.R Adinda Yustina

Divisi Humas

Kepala Divisi Humas : Cahya Andrya Ramadhan

Sekretaris Divisi Humas : Fian Ratna Windarti

Kasubdiv Internal : Feby Nor Aini

Kasubdiv Eksternal : Satria Adi Nugraha

Divisi Rumah Tangga

Kepala Divisi Rumah Tangga : Muhammad Rofih Akbar

Sekretaris Divisi Rumah Tangga : Tanti Ananta Afrianty

Kasubdiv Inventaris : Virliana Octavirike

Kasubdiv Kepelatihan : Ivandy Orlin Muhammad

Kasubdiv Umum : Tinia Lintang Pandora

 

Sebagai UKM seni yang berbasis organisasi, PSM FH UNEJ memiliki lingkup kegiatan berupa pengembangan minat dan bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan, dan mengembangkan kemampuan di bidang seni paduan suara dan manajerial serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan, dan kekompakan antar anggota.

Pada periode 2021 UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember mengembangkan berbagai program kerja yang sejalan dengan tujuan UKM, sebagaimana pengembangan program kerja tersebut juga disesuaikan oleh kebutuhan para anggota UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember dan umumnya bagi Fakultas Hukum Universitas Jember sendiri. Mengingat situasi dan kondisi darurat pandemi COVID-19 maka, UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember merancang program kerja yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang memanfaatkan media secara daring melalui program kerja unggulan dalam masa pandemi COVID-19 antara lain; Open Recruitment dan Diklat UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember, Peningkatan Kualitas dan Wawasan Berpaduan Suara Melalui Web- Seminar UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember, Virtual Choir UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember, Peningkatan Kualitas Mahasiswa Fakultas Hukum Melalui Lomba Paduan Suara Karangturi International Choir Games (KICG), dan Rapat Anggota Tahunan 2021. UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki harapan besar untuk memberikan wadah yang lebih luas bagi mahasiswa fakultas hukum yang ingin mengembangkan diri baik dibidang seni maupun organgisasi. Selain itu, UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki misi untuk memberikan personal branding terhadap UKM maupun Fakultas Hukum Universitas Jember.

UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember turut berupaya menciptakan bibit – bibit unggul dalam bidang Paduan Suara dengan terus mengevaluasi apa yang seharusnya diperbaiki, serta mengembangkan dan meneruskan apa yang sudah berjalan untuk menjadi lebih baik lagi. Untuk mendukung terwujudnya tujuan tersebut, UKM Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki 4 divisi dengan fokus pengembangan dalam bidangnya masing-masing yang terdiri dari:

  • Divisi Kepelatihan

Divisi Kepelatihan bertugas untuk menjalankan dan mengakomodir kegiatan latihan UKM PSM FH UNEJ guna mengembangkan kemampuan seni paduan suara tiap-tiap anggota. Beberapa kegiatan yang dijalankan oleh divisi kepelatihan seperti menjalankan latihan rutin, mengoordinir paduan suara dalam acara Yudisium Fakultas Hukum, dan mengoordinir keikutsertaan UKM PSM FH UNEJ dalam ajang perlombaan atau penyelenggaraan konser.

  • Divisi Pengembangan

Divisi Pengembangan bertugas untuk mengembangkan kemampuan anggota UKM PSM FH UNEJ di luar kemampuan seni paduan suara dan menjalankan program kerja pelengkap untuk menjaga solidaritas seluruh anggota UKM PSM FH UNEJ di dalam maupun di luar Fakultas Hukum Universitas Jember dalam rangka untuk menunjukkan eksistensi UKM PSM FH UNEJ. Bentuk kegiatan yang dijalankan oleh divisi pengembangan antara lain “Talkshow seputar kepaduansuaraan atau keorganisasian”, pengumpulan LHS anggota UKM PSM FH UNEJ, dan peningkatan dalam kewirausahaan.

  • Divisi Humas

Divisi Humas bertugas sebagai sarana penghubung UKM PSM FH UNEJ baik di dalam maupun di luar Fakultas Hukum Universitas Jember guna menjaga serta menjalin hubungan baik dan mengelola publikasi serta dokumentasi UKM PSM FH UNEJ. Adapun bidang yang dijalankan oleh divisi humas lebih kepada mengatur segala sosial media yang dimiliki UKM PSM FH UNEJ, jembatan dalam penyampaian informasi dari pihak luar kepada internal anggota, serta meningkatkan kemampuan dalam bidang diluar paduan suara seperti teknik kepenulisan dan desain grafis.

  • Divisi Rumah Tangga

Divisi Rumah Tangga bertugas memenuhi setiap kebutuhan perlengkapan, sarana, dan prasarana perlengkapan dalam setiap kegiatan serta melaksanakan pencatatan inventaris kesekretariatan UKM PSM FH UNEJ. Dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana, divisi rumah tangga juga bertugas melengkapi hal-hal diluar kesekretariatan seperti pengadaan PDH, pin, dan partitur lagu untuk seluruh anggota UKM PSM FH UNEJ.

  1. Juara 1 LPSAF 2014
  2. Juara Harapan 2 Rektor CUP 2015
  3. Juara 3 LPSAF 2017
  4. Juara 2 Basket Dekan CUP Fakultas Hukum 2017
  5. Juara 1 Rektor CUP 2017
  6. Silver Medal Karangturi Choir Games 2017 Mixed Category
  7. Silver Medal Karangturi Choir Games 2017 Folklore Category
  8. Juara 4 LPSAF 2018
  9. Gold Medal FPS GBS III 2018 Mixed Category
  10. Gold Medal FPS GBS III 2018 Folklore Category
  11. Juara 2 Rektor CUP 2019
  12. Juara 1 LPSAF 2019