Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara

Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember yang lebih akrab disebut IMA-HTN adalah salah satu organisasi himpunan mahasiswa jurusan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang digunakan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan mengembangkan kemampuan mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara dalam bidang akademik.

IMA-HTN sendiri diselenggarakan dari, oleh dan untuk anggota serta membawa nama baik Fakultas Hukum Universitas Jember. Lingkup yang ada di dalam IMA-HTN adalah kegiatan anggota yang meliputi minat, bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan guna mengembangkan potensi mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember dan manajerial, serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan dan kekompakan.

BERITA TERBARU

Ikatan mahasiswa hukum tata negara fakultas hukum universitas jember yang di singkat IMA HTN merupakan salah satu organisasi mahasiswa himpunan bagian hukum tata negara di Fakultas hukum Universitas Jember. IMA HTN merupakan ORMAWA yang fokus dalam kegiatan akademis dalam ruang lingkup hukum tata negara yang terbagi dalam kekhusasan yaitu Penyelenggara negara dan Agraria. Kegiatan-kegiatan IMA HTN melingkupi diskusi tentang keilmuan hukum tata negara, pembelajaran tentang organisasi, kegiatan yang melatih setiap anggota untuk memiliki rasa kekeluargaan, kebersamaan, tanggung jawab dan komitmen dalam menjalankan tugas.

Struktur IMA HTN terdiri atas Pembina dilanjutkan dengan Presiden sebagai pimpinan tertinggi di dampingi oleh Sekretaris Jendral dan Bendahara Umum. Dalam menjalankan tugas dan program kerja, presiden dibantu oleh dua Kementrian koordinator yaitu Kementrian Koordinator Internal dan Kementrian Koordinator Eksternal, masing-masing kementrian koordinator membawahi kementrian. Kementrian yang berada di bawah koordinasi Kementrian Koodinator Interal Adalah Kementrian Pendidikan, Kementrian PSDA Dan Kemenetrian Minat Bakat, sedangakan kementrian yang berada di bawah koordinasi Kementrian Koordinator Eksternal adalah Kementrian Komunikasai dan Informasi dan Kementrian Hubungan Masyarakat. Dalam menjalankan tugas dan program kerja IMA HTN menjunjung tinggi nilai-nilai loyalitas, profesionalitas dan kebersamaan dengan slogan IMA HTN BARU, IMA HTN BERSATU !

Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember yang di singkat IMA HTN merupakan salah satu organisasi mahasiswa Himpunan Bagian Hukum Tata Negara Di Fakultas Hukum Universitas Jember yang diinisiasi sejak akhir tahun 80an, awalnya IMA HTN belum menjadi organisasi namun hanya kelompok atau wadah Mahasiswa Kekhususan Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember untuk saling menyampaikan aspirasi. Kemudian di awal tahun 2000 an barulah terbentuk Himpunan IMA HTN yang dibentuk untuk mewadahi mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara agar menjadi tempat forum diskusi terkait dengan perkuliahan dan koordinasi dengan dosen.

Seiring berjalannya watu, Himpunan Bagian Hukum Tata Negara mulai aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis dengan kegiatan pertamanya yaitu diskusi yang berjudul Form Prespevtive International Human Right Law yang dilaksanakan pada tahun 2016. Sejak adanya kegiatan tersebut hingga sekarang munculah suatu gagasan dan komitmen bersama serta inovasi baru yang mulai dibentuk oleh pengurus Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara (IMA HTN) untuk memberikan wadah kepada Mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara seperti halnya diskusi publik, pelatihan, seminar, mengadakan kegiatan lomba yang bersifat akademis dan kegiatan lain yang menunjang kemampuan mahasiswa dalam bertukar pikiran dan berorganisasi.

Presiden IMA HTN

2015-2016       : Mohamad Rizky Pratama

2016-2017       : Samsul Hadi

2017-2018       : Fahmi Ramadhani Firdaus

2018-2019       : Putra Adi Prasetyo

2019-2020       : Zanuar Ramadhani

2020-2021       : Kiki Saras Wati

VISI

Menjadikan IMA HTN sebagai wadah untuk berproses, mengembangkan diri, dan melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa Hukum Tata Negara demi terwujudnya pribadi yang berintegritas

MISI

  1. Membuat dan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa Hukum Tata Negara agar dapat mendalami perkembangan ilmu hukum yang ada
  2. Membangun IMA HTN sebagai organisasi yang mampu bertanggung jawab
  3. Menjadilan IMA HTN sebagai jembatan antar kekhususan Hukum Tata Negara demi terwujudnya ikatan mahasiswa yang solid dan bersinergi
  4. Menjadikan IMA HTN sebagai wadah dalam menampung dan menyalurkan aspirasi seluruh anggota
Presiden : Kiki Saras Wati
Sekretaris Jendral : Amelia Meynanda P.
Bendahara Umum : Zahrotul Melani Laurenza
Koordinator Internal : Idham Chalid
Kementerian Pengembangan Sumber Daya Anggota
Menteri : Atika Rani Dyah S.
Wakil Menteri : Shofia Maizurah Tahir
Kementerian Minat dan Bakat
Menteri : Faisal Syamsudin
Wakil Menteri : Nadya Larissa
Kementerian Pendidikan
Menteri : Febry Nur Fitriani
Wakil Menteri : Vanya Salsabilla Pratiwi
Koordinator Eksternal : Sandherma Krista
Kementerian Hubungan Masyarakat
Menteri : Dwi Nur Febriantini
Wakil Menteri : Vitta Aridiyanti
Kementerian Komunikasi dan Informasi
Menteri : Yusril Muhammad Iqbal
Wakil Menteri : Nisriina Milla Sharfinda

Himpunan mahasiswa merupakan salah satu sarana kegiatan mahasiswa yang mewadahi berbagai aspirasi dan kreatifitas mahasiswa. Selain kegiatan akademik, organisasi merupakan kegiatan di luar perkuliahan yang bisa menjadi pengalaman berharga bagi kehidupan mahasiswa yang dapat menambah wawasan, pengalaman baru dan dapat berguna bagi masyarakat.

Untuk mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan sesama mahasiswa, khususnya mahasiswa baru jurusan Hukum Tata Negara, maka dibutuhkan suatu wadah yang mampu untuk mewujudkannya. Himpunan Mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara atau yang disingkat dengan nama IMA HTN, akan melaksanakan program kerja yang diharapkan mampu mewujudkan dan melaksanakan hal tersebut diatas.

Dalam rangka memenuhi keahlian dalam keorganisasian unit kegiatan mahasiswa yang sistematis, IMA HTN menyelenggarakan kegiatan peningkatan mutu sehingga diharapkan melalui kegiatan ini anggota akan semakin berkompeten di dalam pengaplikasian teori atau simulasi yang didapat dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

IMA HTN memiliki sasaran dan Rencana Strategis sebagai berikut:

  1. Membentuk anggota yang berbudi pekerti, cakap, mandiri, berwawasan luas, demokratis, dan bertanggung jawab;
  2. Memberikan dorongan kepada anggota untuk menjadi pemimpin dan penggerak dalam kehidupan berbangsa;
  3. Ikut serta menyumbangkan karya dan pikiran dalam penataan kehidupan bangsa;
  4. Memupuk dan membina rasa persaudaraan dan kekeluargaan di lingkungan civitas akademika;
  5. Mengusahakan kesejahteraan material dan spiritual serta memperjuangkan kepentingan mahasiswa di lingkungan kampus.

Rencana strategis tersebut bertemakan “Manifestasi Atmosfer Akademik Mahasiswa Hukum Tata Negara yang Kondusif demi Mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam Fakultas Hukum yang Berdaya Saing Tinggi”. Hal tersebut disusun guna mewujudkan visi Fakultas Hukum Universitas Jember yaitu mewujudkan Fakultas Hukum yang unggul berlandaskan ilmu, amal, dan integritas.

Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara atau biasa yang dikenal sebagai IMA-HTN ini merupakan Himpunan mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang merupakan wadah untuk menampung aspirasi dan mengembangkan kemampuan mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara dalam bidang akademik dan non akademik. Yang mana, lingkup kegiatan IMA HTN adalah kegiatan anggota yang didalamnya meliputi minat, bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan guna mengembangkan potensi mahasiswa Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember dan manajerial, serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan dan kekompakan.

IMA-HTN terdiri dari

Internal

  1. Kementerian Pengembangan Sumber Daya Anggota
  2. Kementerian Minat dan Bakat
  3. Kementerian Pendidikan

Eksternal

  1. Kementerian Hubungan Masyarakat
  2. Kementerian Komunikasi dan Informasi
  3. Kementerian Pengembangan Sumber Daya Anggota

Meningkatkan kemampuan anggota di bidang akademik khususnya di lingkup hukum tata negara dengan menambah wawasan serta pengalaman anggota untuk mendorong kreativitas anggota dalam pemikiran atau ide-idenya dengan mengkoordinir segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan recuitment kepanitiaan dalam Kegiatan ima-htn serta membinahubungan antar anggota demi meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik baik antar sesama anggota IMA-HTN, pengurus, dan lembaga Fakultas Hukum Universitas Jember. Dengan adanya kegiatan IMA-HTN Sharing and Discussion, Webinar Jurnal serta Workshop Legal Drafting yang nantinya dapat memberi dan dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahaman teori, kaidah, dan mekanisme penyusunan kegiatan kegiatan tersebut bagi anggota IMA-HTN dibidang akademi.

  1. Kementerian Minat dan Bakat

Mengembangkan minat dan bakat yang ada pada anggota IMA-HTN dengan mengadakan suatu kegiatan untuk meningkatkan dan menjaga rasa kebersamaan hubungan antar anggota IMA-HTN demi meningkatkan rasa kekeluargaan IMA-HTN, meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik antar sesama anggota IMA-HTN, pengurus, dan lembaga Fakultas Hukum Universitas Jember, meningkatkan minat bakat dari segi akademis dan non akademis. Dengan adanya kegiatan Fun Trip, Fun Sport, Podcast IMA-HTN, IMA-HTN Merch dan kegiatan kotak saran dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kebersamaan untuk membangun keluarga IMA-HTN yang baik dan berkesinambungan serta mampu mengembangkan dan meningkatkan minat bakat masing-masing anggota IMA-HTN.

  1. Kementerian Pendidikan

Meningkatkan kemampuan dan wawasan anggota dalam bidang akademik dengan merancang dan melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan di bidang akademik anggota IMA-HTN sehingga dapat meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik antar sesama anggota IMA-HTN, pengurus, dan lembaga Fakultas Hukum Universitas Jember. Dengan adanya kegiatan Info grafis HTN, Seminar Nasional Hukum Tata Negara, HTN Intensive Class serta IMA HTN Question Box diharapkan dapat digunakan sebagai sarana menambah dan memperluas pengetahuan dan memberi pemahaman lebih dalam mengenai hukum khususnya dibidang Hukum Tata Negara sebagai bekal dimasa depan nantinya dan lomba Paper Mahasiswa diharapkan mampu dijadikan wadah bagi semua orang untuk menuangkan ide, gagasan dan pikirannya terkait dengan kepenulisan paper dan juga sebagai wadah untuk menuangkan minat dan bakat serta hobi bagi mahasiswa Fakultas Hukum.

  1. Kementerian Hubungan Masyarakat

Menjalin hubungan baik dan berkesinambungan dengan pihak-pihak internal maupun eksternal IMA-HTN sehingga mampu meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik antar sesama anggota IMA-HTN, Pengurus, dan Lembaga Fakultas Hukum serta mampu memperkenalkan dengan baik IMA-HTN kepada publik melalui kegiatan atau tindakan yang dirumuskan dan dilaksanakan. Dengan kegiatan Webinar Umum, Magang bersama IMA-HTN, Penggalangan Dana, IMA-HTN Mengajar, dan Farewell Party dapat meningkatkan hubungan, mempertahankan jalinan silaturahmi dengan baik serta mampu menjaga komunikasi sehingga mampu mempertahankan eksistensi IMA-HTN secara berkesinambungan.

  1. Kementerian Komunikasi dan Informasi

Membuat desain kegiatan yang diperlukan oleh IMA-HTN dan mendokumentasikan segala kegiatan yang dilaksanakan oleh IMA-HTN serta melaksanakan publikasi dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki oleh IMA-HTN sehingga dapat meningkatkan dan menjaga komunikasi serta dapat memberikan informasi yang baik antar sesama anggota IMA-HTN, pengurus, dan lembaga Fakultas Hukum Universitas Jember. Dengan kegiatan Pembuatan desain pamflet kegiatan, Desain Merchandise, Desain Pamflet Hari besar Nasional, Desain struktur Kepengurusan IMA-HTN, Pembuatan desain Info Grafis dan akun-akun media kepenulisan, dan akun-akun sosial media serta mengisi seluruh akun-akun media sosial IMA-HTN dan membuat Lomba Legal Opini dalam bentuk posterdan vidio diharapkan meningkatkan serta dapat memberikan informasi dengan baik dan aktual sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih, baik ilmu pengetahuan maupun Informasi-informasi lain menyangkut IMA-HTN dan dapat digunakan sebagai wadah sebagian orang untuk merealisasikan minat, hobbi, dan bakatnya terkait Lomba Legal Opini.

Yang mana dalam pelaksanaannya, masing-masing kementrian dibawahi oleh satu koordinator, yaitu koordinator internal dan koordinator eksternal, yang mana dalam hal ini:

  1. Koordinator Internal

Mengkoordinir dan bertanggungjawab atas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang-bidang yang ada dibawahnya, mengayomi seluruh anggota IMA-HTN, meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik antar sesama anggota IMA-HTN, pengurus, dan lembaga Fakultas Hukum Universitas Jember sehingga dapat terealisasinya kegiatan tiap-tiap kementrian atau tiap-tiap bidang Internal.

  1. Koordinator Eksternal

Mengkoordinir dan bertanggungjawab atas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang-bidang yang ada dibawahnya dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan pihak eksternal sehingga dapat terealisasi dan terkoordinasi dengan baik.

  1. Finalis Academic Constitutional Legal Drafting 2020 Majelis Permisyawaratan Rakyat (Moch. Marsa Taufiqurrahman, Andri Setiawan, Dian Ayu Widya Ningrum, Maulana Reyza Alfaris, Abdul Basith Umami)