Gymnastic

UKM-O GYMNASTIC adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang berdiri pada tahun 2007. Anggota UKM-O Gymnastic ini bergerak di bidang keolahragaan.

BERITA TERBARU

UKM-O Gymnastic dibentuk sebagai wadah mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember  untuk mengembangkan potensi serta menyalurkan minat dan bakat yang khususnya pada bidang keolahragaan. UKM-O Gymnastic mewadahi 8 (delapan) bidang yaitu Basket, Futsal, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Volly, Tenis Meja, Taekwondo, dan Karate. UKM-O Gymnastic FH UNEJ diselenggarakan dari, oleh, dan untuk anggota serta membawa nama baik Fakultas Hukum Universitas Jember.

Lingkup kegiatan anggota UKM-O Gymnastic FH UNEJ meliputi minat, bakat, kegemaran, sosial, pendidikan, keterampilan, kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan di bidang olahraga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember dan manajerial, serta meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas, kerukunan, dan kekompakan.

Disamping itu UKM Gymnastic juga ingin memberikan prestasi yang membanggakan bagi almamater Fakultas Hukum dan Universitas Jember itu sendiri.

UKM-O GYMNASTIC didirikan pada 18 April 2007 dipelopori oleh mayoritas anak Sepak Bola beserta teman-teman dari cabang olahraga yang lain salah satunya yaitu yang menjadi ketua umum pertama UKM-O Gymnastic Muhammad Adiar Rosyidi. Pada awal dibentuk anggotanya hanya berkisaran sekitar 30 anggota saja sedangkan saat ini anggota UKM-O Gymnastic sudah mencapai ratusan lebih anggota.

Ketua Umum

2007 – 2008 : Muhammad Adiar Rosyidi

2008 – 2010 : Dany Occy

2010 – 2011 : Rio Budi Setiawan

2011 – 2012 : Angga Mahardika

2012 – 2013 : Umar Syarifudin

2013 – 2014 : Didok Aditya Pambudi

2014 – 2015 : Muhammad Risky Izzudin

2015 – 2017 : Bangkit Delly Satria Nanda

2017 – 2018 : Barlian Ari Aji Wijaya

2018 – 2019 : Koko Tyas Ernando

2019 – 2020 : Rivaldi Krisna Wijaya

2020 – 2021 : Rahadian Kadafi

Visi : Sebagai suatu lembaga Minat dan Bakat yang ungul dalam prestasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai Sportivitas

Misi :

  1. Membina ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaan
  2. Pusat pengkajian penyaluran Minat dan Bakat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember dalam bidang olahraga
  3. Mengharumkan nama Fakultas Hukum Universitas Jember di tingkat Nasional dan Internasional

Menjalin kerja sama antar UKM internal Fakultas Hukum dan Eksternal Fakultas Hukum

Pembina : Dr. R.A Rini Anggraini, S.H., M.H.

Ketua Umum : Rahadian Kadafi

Wakil Ketua Umum : Andika Putra Bahagia

Sekertaris I : Berlyanna Anggrey Wahyuningsih

Sekertaris II : Elva Ilmiya Fahmaya

Bendahara I : Gayatri Shofia Putri N

Bendahara II : Ega Jaya Nur Oktavianto

Divisi Pubdekdok

Kepala Divisi : Achmad Suaeb

Anggota Divisi : Hendra Kurniawan, Kurnia Candra Pertiwi, Dwi Purwanto

Divisi Infokom

Kepala Divisi : Erwin Kunta Teja Kusuma

Anggota Divisi : M. Reynaldi Adam, Adelia Wira L, Ilda Indriyani

Divisi Humas

Kepala Divisi : Syahrial Adam

Anggota Divisi : Asrining Dwi Asmarani, Dinda Ayuhsa, Ridho Arif Nugroho, Moch. Fathor Rosy Ishaq, Andrian Kukuh

Divisi Perlengkapan

Kepala Divisi : Bian Gilang Alfatha

Anggota Divisi : Aditya Firmansyah, Wahyu Arief Fadhillah, Dadung Dana Dewata, Puguh Wicaksana, Ingesna Denda Bianglala, Safira Alyantika, Akbar Fahrizal Tanjung

Ketua Cabor Sepak Bola : Thariq Farchani

Ketua Cabor Futsal : Alfin Amalus Sholihin

Ketua Cabor Volly : Moch. Habibul Ichwan

Ketua Cabor Basket : Maulana Audilan Fikri

Ketua Cabor Taekwondo : Yasinta Dewi

Ketua Cabor Badminton : Abiyyu Rusydana A

Ketua Cabor Karate : Fika Yuliana Rahman

Ketua Cabor Tenis Meja : Pradana Amanullah J

Program Kerja baru UKM-O Gymnastic yang akan diadakan adalah E-Sport. Pelaksanaan E-Sport ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan E-Sport ini akan dilaksanakan dua kali mengingat adanya Pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan bertatap muka langsung. Untuk E-Sport yang pertama dikhususkan pada Mahasiswa Universitas Jember saja. Untuk E-Sport yang kedua dilaksakanan untuk UKM Olahraga se-Jember.

Sharing dan Sarasehan juga menjadi rencana berkegiatan UKM-O Gymnastic. Sharing dan Sarasehan ini sendiri merupakan acara berkumpul bersama untuk mengeratkan hubungan antar anggota dan alumni UKM-O Gymnastic  Universitas Jember. Tujuan lainnya untuk sharing pengalaman sehingga anggota baru UKM-O Gymnastic ikut mendapatkan pengalaman utamanya mengenai bagaimana cara mengelola organisasi yang baik serta bagaimana menjadi juara dalam suatu perlombaan.

Rencana kegiatan lainnya yaitu Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Prestasi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember Melalui Pendelegasian Lomba. Kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember melalui pendelegasian lomba merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan soft skill dari anggota GYMNASTIC sebagai bentuk output dari kegiatan skill up.

Karena dampak dari Covid-19 yang dimana UKM-O Gymnastic ini bergerak dibidang olahraga dan mengharuskan untuk terjun ke lapangan langsung. Oleh karena itu UKM-O Gymnastic menambah 1 Cabang Olahraga lagi yaitu E-Sport. E-sport ini juga dikenal sebagai olahraga elektronik. E-sport merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak (multiplayer), umumnya antara para pemain profesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi waktu-nyata, perkelahian, tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain.

Fungsi/kegunaan dari E-Sport sendiri sama dengan cabang olahraga yang lain yaitu kerjasama tim, komunikasi, strategi, dan sportivitas yang dipelajari dengan berpartisipasi dalam E-sports yang terorganisir.

UKM-O GYMNASTIC FH UNEJ memiliki fungsi yaitu : 1) Kegiatan dalam mengekspresikan dan mengembangkan bakat dan minat yang disalurkan melalui melalui lomba-lomba, cabang olahraga didalam mauapun diluar kampus; 2) Melaksanakan pelatihan di bidang keolahragaan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember; 3) Menampung dan menyalurkan aspirasi, minat, dan bakat anggota dalam berbagai kegiatan yang ada di UKM O GYMNASTIC FH UNEJ; 4) Sebagai forum komunikasi anggota yang memiliki minat, bakat, dan kreatifitas diantara anggota.

Untuk menggunakan fungsi tersebut UKM-O GYMNASTIC membentuk kepengurusan dan beberapa program kerja.

Beberapa program kerja diantaranya :

  1. Dekan Cup

Event Dekan Cup Merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan UKM-O Gymnastic yang mana dalam event tersebut memperlombakan berbagai macam cabang olahraga yang setiap tahunnya berbeda-beda.

  1. Dies Natalis

Event Dies natalis merupakan event kerja sama antara UKM-O Gymnastic dengan Fakultas Hukum untuk menyelenggarakan beberapa perlombaan cabang olahraga demi memeriahkan ulang tahun FH Unej.

  1. Law Champions League (LCL)

Event Law Champions League merupakan bentuk turnamen sepak bola antar SMA/SMK/MA-Sederajat se-Jawa Timur yang menghadirkan puluhan klub-klub sepak bola para pelajar. Program kerja ini menjadi program kerja terbesar yang diselenggarakan oleh UKM-O Gymnastic.

  1. Juara 1 Futsal SISFO CUP 2019
  2. Juara 1 Futsal FTP CUP 2019
  3. Juara 3 Futsal FTP CUP 2019
  4. Juara 3 Futsal MANDALA CUP 2019
  5. Juara 3 Futsal Piala FKM 2019
  6. Juara 1 Sepak Bola REKTOR CUP 2019
  7. Juara 1 Basket Putra PORMABA 2019
  8. Juara 3 Basket Putri PORMABA 2019
  9. Juara 1 Volly DEKAN CUP 2019
  10. Juara 1 Ganda Putra Badminton 2019 UKM SPORA
  11. Juara 2 Tunggal Putra Badminton 2019 UKM SPORA
  12. Juara 3 Kumite (55kg Senior Putri) Kejurda Piala Ketua Forki Bondowoso 2019
  13. Juara 2 Sepak Bola REKTOR CUP 2018
  14. Juara 2 Basket Putri SPARTA LEAGUE 2018
  15. Juara 3 Kumite (50kg Senior Putri) Kejurnas Karate Bondowoso Ijen Champion Ship 2018
  16. Juara 1 Basket Putra SISFO CUP 2017
  17. 1 Perak, 1 Perunggu KEJUARAAN 1st PAKU ALAM CUP INTERNATIONAL TAEKWONDO 2017
  18. 3 Emas, 4 Perak, 3 Perunggu KEJURNAS TAEKWONDO AIRLANGGA CUP 3 2017
  19. Juara 1 REKTOR CUP 2017