Forum Kajian Keilmuan Hukum

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang berdiri pada 2009. Anggota FK2H terlibat dalam ragam diskusi akademik, baik dalam kepenulisan, debat hukum, dan diskusi ilmiah rutin.

FK2H didirikan sebagai wadah pengembangan potensi, minat dan bakat mahasiswa FH UNEJ yang memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan intelektual melalui pendekatan integral dengan beragam perspektif, baik hukum, ekonomi, sosial dan politik.

FK2H identik dengan argumentasi, ekspresi ide-ide, analisis kritis dan solusi. FK2H mencoba mendefinisikan ulang peran dan kontribusi pemuda dengan tujuan untuk memberikan solusi yang bersifat terapan mengenai permasalahan yang muncul dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. FK2H mengembangkan paradigma untuk menghasilkan para pemuda yang bertanggung jawab secara intelektual, moral dan sosial. Oleh karena itu, FK2H terus berkomitmen mempertahankan tradisi akademis yang berjiwa sosial terhadap para anggotanya. FK2H juga menjaga budaya yang telah terbangun sejak awal berdiri untuk saling menjunjung tinggi gagasan, karya, inovasi, kreativitas dan dedikasi.

FK2H bertransformasi untuk unggul dalam pemikiran dan untuk turut berupaya menjadi katalisator perubahan besar oleh para pemuda Indonesia. Dalam proses transformasi tersebut, FK2H terus mengevaluasi apa yang harus diperbaiki, meneruskan dan mengembangkan apa yang sudah berjalan untuk menjadi lebih baik lagi.

Mahasiswa merupakan kaum intelektual dan generasi penerus bangsa dalam sejarah perkembangan Negara Indonesia. Peran serta mahasiswa dalam memelopori perubahan telah berlangsung selama puluhan tahun.  Pemikiran perubahan pada masa orde lama, orde baru dan reformasi merupakan bukti konkret dan tidak terlepas dari peran mahasiswa. Keberadaan mahasiswa sebagai suatu komunitas intelektual untuk senantiasa melahirkan gagasan dan pemikiran yang kritis atas permasalahan bangsa sehingga diharapkan untuk selalu tetap sebagai agent of change dan agent of control.

Pergerakan mahasiswa tidak hanya berlangsung dalam mengkritik pemerintah, namun harus mampu menjadi media pembelajaran bagi para mahasiswa sebagai pemilik masa depan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka melalui berbagai kegiatan yang berorientasi pada bidang keilmuan. Namun demikian, keberlangsungan pergerakan mahasiswa tersebut tidak serta merta berjalan lancar sesuai dengan harapan. Saat ini justru perkembangan mahasiswa sangat terasa mengalami kemunduran.

Kemuduran dalam perjalanan pergerakan mahasiswa tersebut tidak terlepas dari perkembangan globalisasi dan  seringkali terjadi proses apatisasi dan pembumian wacana-wacana hedonisme yang dapat kita lihat di hampir setiap sudut kampus. Selain itu, menurunnya minat mahasiswa untuk terlibat dalam lembaga kemahasiswaan, berdiskusi, menulis dan beberapa kegiatan ilmiah juga merupakan bukti nyata semakin lemahnya pengawalan lembaga kemahasiswaan dalam mengubah paradigma kampus yang futuristik.

Di samping itu, pergerakan mahasiswa yang selama ini juga masih terfokus pada gerakan masa dan sering mengabaikan upaya peningkatan kapasitas pengetahuan mahasiswa. Dalam kondisi tertentu pergerakan tersebut semakin memprihatinkan ketika adanya intervensi politik dan sebagai batu loncatan politik sehingga pergerakan tersebut tidak berjalan normal sebagaimana diharapkan. Tidak jarang pula terjadi tindakan kriminal yang justru merusak citra dan wibawa pergerakan mahasiswa.

Hal demikian terjadi pula di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember. Seolah mahasiswa telah mulai keluar dari jalur akademis. Pada dasarnya, pengembangan intelektual merupakan bekal bagi mahasiswa untuk menanamkan kemampuan ilmiah dan pada saat ini masih dirasa sangat kurang dan sesegara mungkin perlu dilakukan orientasi dan perubahan paradigma untuk kembali sebagai agent of change dan agent of control dengan tetap menanamkan nilai akademis.

Melihat Fenomena tersebut, para peneliti muda hukum FH UNEJ yang berjiwa kritis dalam merespon perkembangan keilmuan merasa bertanggung jawab secara moral, intelektual dan sosial. Wujud tanggung jawab tersebut dengan mengambil peran dalam pergerakan mahasiswa yang lebih mengutamakan kapasitas pengetahuan dan daya kritis yang tinggi. Sebagai aktualisasi, didirikan Forum Kajian Keilmuan Hukum Progresif (Formasif) Fakultas Hukum Universitas Jember. Dalam perkembangannya diubah menjadi Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H FHUNEJ) sebagai lembaga keilmuan di bidang Hukum yang berkedudukan di lingkungan Fakultas Hukum UJ. Lembaga ini didirikan pada tanggal 10 November 2009. Atas komitmen tersebut telah menempatkan FK2H sebagai amanah yang perlu dikembangkan secara sinergis demi arah pembangunan mahasiswa.

Perkembangan kajian keilmuan ini adalah sebuah pemacu mahasiswa kembali pada “khittah”nya sebagai agent of change and social control yang diharapkan mampu memberikan kontribusi atas gagasan dan pemikirannya terhadap bangsa Indonesia.

Melalui kegiatan-kegiatan yang kami lakukan merupakan upaya membentuk insan akademis yang mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu pengetahuan hukum, sehingga mahasiswa dapat menentukan tempatnya di dunia ilmu pengetahuan. FK2H juga bertujuan menumbuhkembangkan pola pikir ilmiah pada anggota FK2H pada umumnya, serta menjadikan FK2H ebagai lembaga kajian yang responsif, proaktif dan dapat membentuk opini publik melalui kegiatan ilmiahnya.


FK2H didirikan pada tahun 2009 oleh Muhammad Bahrul Ulum (Angkatan 2007), Dizar Al Farizi (Angkatan 2006), Ria Resti Dewanti (Angkatan 2006) dan Harizki Catur Novanto (Angkatan 2007).

DIREKTUR EKSEKUTIF

2009-2010: Muhammad Bahrul Ulum, S.H., LL.M.
2010-2011: Muhammad Toriq Fahri, S.H.
2011-2012: Sudarso, S.H., M.Kn.
2012-2013: Bintang Aulia Hutama, S.H., M.Kn.
2013-2014: Muhammad Salim Hafid, S.H.
2015-2016: Andre Dwi Julianto, S.H.
2016-2017: Setiawan, S.H.
2017-2018: Samuel Tampubolon, S.H.
2018-2019: Andri Setiawan, S.H.
2019-2020: Faruq Sultan Alisyahbana

FK2H merupakan lembaga yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran ilmiah. Dalam pengembangan organisasi mempunyai visi dan misi yang tetap relevan dengan bidang ilmiah.

Visi: Terwujudnya insan akademis yang aktif dalam ilmu pengetahuan terutama ilmu pengetahuan hukum.

Misi:

a. Optimalisasi dan peningkatan pemahaman keilmuan dalam bidang penelitian hukum dan penalaran ilmiah.

b. Menjadikan FK2H sebagai lembaga kajian keilmuan yang responsif dan proaktif terhadap dinamika hukum.

c. Membangun FK2H sebagai lembaga keilmuan mahasiswa yang mendorong terwujudnya kampus riset.

Pembina: Nuzulia Kumala Sari, S.H., M.H

Direktur Eksekutif : Zaki Priambudi

Sekretaris Jenderal : Avina Nakita Octavia

Bendaharu Umum : Rah Ayu Ning Lintang

 

Staf Khusus: Faruq Sultan Alisyahbana, Siti Zahrotul Lu’luil Maknun dan Abdurrahman Rizqi

 

BIDANG PENELITIAN
NO NAMA JABATAN
1. Reyka Widia Nugraha Manajer Bidang
2. Reni Putri Anggraeni Sekretaris Bidang
3. Herfiana Pratiwi Staff
4. Salsabiila Puteri Staff
5. Syafira Rahmatus Syifa Staff
6. Novi Wahyu Riyanti Staff
BIDANG KAJIAN ILMIAH
NO NAMA JABATAN
1. Ainus Sofa Ilmi Manajer Bidang
2. Bima Rico Prambudi Sekretaris Bidang
3. Nandaffa Satria Staff
4. Gelia Hasna Salsabila Staff
5. Lisa Aprilia Staff
6. Jihan Mardiah Staff
BIDANG Pengembangan Sumber Daya Manusia
NO NAMA JABATAN
1. Muhammad Ghifari Manajer Bidang
2. Janatin Alfifah Sekretaris Bidang
3. Anandita Pramesti Staff
4. Vony Maulia Staff
5. Anisyia Nurul Islami Staff
6. Aruna Irani Staff
BIRO MEDIA KOMUNIKASI
NO NAMA JABATAN
1. Ramdhan Prawira Kepala Biro
2. Retno Ariani Sekretaris Biro
3. Namira Hilda Papuani Staff
4. Basri Muhammad Staff
5. Yessy Handayani Staff
BIRO KESEKRETARIATAN
NO NAMA JABATAN
1. Irfandy Hilman Kepala Biro
2. Rinda Nur Afifah Sekretaris Biro
3. Nova Fajar Haryanto Staff
4. Tiara Anggraini Staff
5. Saudatus Zahro Staff
6. Faza Sufi Ushima Staff
BIRO KEWIRAUSAHAAN
NO NAMA JABATAN
1. Nabilah Ayu Puspita Kepala Biro
2. Falailul Husna Sekretaris Biro
3. Maulana Alif Rasyidi Staff
4. Arya Wiratama Staff
5. Moch Ircham Maulana Staff
6. Muhammad Izzul Haq Staff

Meningkatnya arus perkembangan dalam sosial masyarakat yang kian dinamis, cepat dan kompleks, baik yang bertumpu pada sendi-sendi pembangunan nasional, sosio-kultural, maupun Teknologi Informasi. Dimana hal tersebut memiliki implikasi kian masif dan beragamnya permasalahan-permasalahan hukum yang lahir di masyarakat dan adanya tindakan penyimpangan dari hukum yang dilakukan ditengah masyarakat dewasa ini.

Mahasiswa di perguruan tinggi sebagai insan akademis dan pengabdi sudah seperlunya dipersiapkan untuk dapat menjawab peluang dan tantangan yang ada di masyarakat baik untuk saat ini ataupun pada masa mendatang, serta dapat menyesuaikan diri dalam kompleksitas sosial masyarakat melalui penempaan pada wadah-wadah pengembangan pada Perguruan Tinggi.

Dalam merespon berbagai hal tersebut, Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H) sebagai wadah pengembangan mahasiswa hukum yang responsif merumuskan suatu rencana strategis dalam satu periode kepengurusan dengan maksud sebagai pedoman pembangunan organisasi dan memberikan pengarahan serta koordinasi kepada bidang-biro kerja dalam FK2H untuk dapat menjalankan program kerja Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H) Fakultas Hukum Universitas Jember.

Rencana Strategis Forum Kajian Keilmuan Hukum didasarkan pada Konsep Kampus Merdeka Belajar dalam program pendidikan nasional dan Rencana strategis Universitas Jember yang ditindaklanjuti lebih teknis dalam Koridor Rencana Strategis Fakultas Hukum Universitas Jember, serta cita-cita dan tujuan Forum Kajian Keilmuan Hukum yang termanifestasikan dalam Visi dan Misi FK2H.

Rencana Strategis (Renstra) FK2H  merupakan suatu rujukan atau panduan mengenai kondisi ideal suatu organisasi yang akan diusahakan untuk dapat dicapai secara bersama-sama dalam batas waktu dan dengan strategi tertentu, yang diukur melalui indikator-indikator keberhasilan dalam pelaksanaannya.

Rencana Strategis Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H) ini diberi tema “One Step Forward to Developing Young Critical Jurist”. Rencana Strategis ini disusun sebagai usaha untuk memastikan langkah pengembangan Forum Kajian Keilmuan Hukum menjadi Lembaga Kajian yang dan selaras dengan tahapan pembangunan Fakultas Hukum Universtas Jember dalam kerangka konsep Kampus Merdeka Belajar.

 

Landasan Hukum

Renstra Forum Kajian Keilmuan Hukum disusun dengan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya sebagai berikut:

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 14 ayat (2);
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  4. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  5. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Penddikan Tingggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  6. Renstra Universitas Jember;
  7. Restra Fakultas Hukum Universitas Jember.

 

Sasaran dan Indikator Strategi Pencapaian

Forum Kajian Keilmuan Hukum memiliki sasaran dan Rencana Strategis sebagai berikut:

  1. Membangun kualitas pribadi sebagai anggota yang jujur, amanah, konsisten, bijaksana, visioner, kreatif, inovatif dan berkiprah secara aktif sebagai pemimpin yang efektif dalam kegiatan organisasi.
  2. Mencetak Anggota kritis, dengan wawasan berpikir yang luas dan komprehensif, serta responsif terhadap isu-isu hukum dan sosial.
  3. Mewujudkan Anggota yang berprestasi di bidang akademik, maupun non-akademik.
  4. Membangun Anggota yang memiliki mental kompetitif dan mempu berkompetisi, baik dalam tingkat regional, nasional maupun internasional.
  5. Membangun anggota agar memiliki kecakapan berkomunikasi dengan baik dan mampu mentransformasikan gagasan pada publik.
  6. Memantik semangat anggota dalam berproses dan sinergitas dalam membangun FK2H dengan semangat gotong royong.
  7. Membantu mewujudkan anggota yang memiliki jiwa nasionalisme dan pemahaman terhadap persatuan serta keragaman budaya dalam semangat persatuan dan kesatuan berbangsa dan mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Adapun Indikator Strategi Pencapaian Rencana Strategis FK2H:

  1. Tercapainya lulusan yang kompeten, memiliki kapabilitas, dan memiliki kualifikasi dalam bidang hukum.
  2. Berkembangnya suasana pembelajaran dalam kelas melalui peningkatan kualitas SDM dan progresifitas dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan tinggi.
  3. Meningkatnya Tata Kelola Organisasi yang baik dalam meghadapi tantangan perubahan dan penyesuaian yang ada.
  4. Optimalisasi sarana dan prasarana yang ada dalam lembaga dalam rangka peningkatan kemampuan akademik Sumber Daya Manusia FK2H yang membantu terwujudnya lulusan berkualitas, handal, dan inovatif.
  5. Terciptanya Pengelolaan sumber dana dengan sistem manajemen yang efektif dalam rangka meningkatkan produktivitas FK2H yang berkelanjutan.
  6. Terbangunnya Komitmen seluruh elemen dalam FK2H maupun tataran Birokrasi demi mencapai Visi dan Misi FK2H.

Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H) yang berorientasi pada pengembangan pola pikir ilmiah dan kritis mahasiswa hukum dalam hal kerangka penalaran hukum dan kepenulisan, serta menjadi lembaga kajian yang responsif, adaptif, dan pro-aktif dalam isu-isu hukum dan sosial masyarakat demi mewujudkan Mahasiswa hukum yang kritis, responsif, dan prestatif dalam bidang akademik. Dalam mencapai arah dan tujuan tersebut melalui kinerja dan program kegiatan, Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H) terdiri dari unit kerja 4 Bidang dan 3 Biro, yang antara lain:

  • Bidang Kajian Ilmiah (Bidkail)
  • Bidang Penelitian (Bidpen)
  • Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM)
  • Bidang Media Komunikasi dan Informasi (Medkom)
  • Biro Kesekretariatan (KSK)
  • Biro Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Biro Kewirausahaan (KWU)

Dalam rangka menjalankan pengembangan SDM dan Kecakapan Hukum melalui program kegiatan, masing-masing Bidang-Biro memiliki fokus pengembangan masing-masing dan gerak sinergis dalam tugas dan fungsinya. Bidang Kajian Ilmiah berfungsi untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan anggota yang bergerak dalam ranah kajian dan penalaran keilmuan hukum, kegiatan yang dijalankan oleh bidang kajian ilmiah seperti “Debate& Research Development”, “FK2H Speak Up” dan “Diskusi Publik.”

Bidang Penelitian berfungsi untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan anggota lembaga yang bergerak dalam ranah penelitian keilmuan hukum dan penulisan karya tulis ilmiah, kegiatan yang dijalankan oleh bidang penelitian seperti “Literacy Clinic”, “Literacy Website”, Pembuatan majalah “Lex Scripta”.

Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia berfungsi mengkoordinasikan dan menjaga solidaritas serta melakukan berbagai upaya untuk meingkatkan kualitas seluruh anggota lembaga kegiatan yang dijalankan oleh bidang pemberdayaan sumber daya manusia seperti “English and Development”, “Public Speaking Training”, dan “Open Recruitment Anggota FK2H.”

Bidang Media Komunikasi yang berfungsi untuk mengelola media sebagai sarana komunikasi dan publikasi lembaga mengenai kegiatan, dokumentasi kegiatan, dan informasi lembaga, kegiatan yang dijalankan oleh bidang media komunikasi seperti publikasi kegiatan FK2H, Mading Online “Madline FK2H”. Biro Kesekretariatan mempunyai tugas sebagai pengelola administrasi lembaga yang meliputi inventarisasi, presensi dan pengarsipan data.

Biro Humas berfungsi membangun hubungan kerjasama, komunikasi, dan koordinasi baik internal maupun eksternal lembaga, kegiatan yang dijalankan oleh biro Humas seperti Ngobrol Perkara Ilmu, Webbinar Hukum. Biro Kewirausahaan berfungsi mengembangkan kemampuan pengurus maupun anggota dalam berwirausaha dan meningkatkan pemasukan dana lembaga, kegiatan yang dijalankan oleh biro KWU seperti Open PO makanan dan merchandise FK2H.

  1. Juara 1 KTI Jambi Law Fair 2020 ( Zaki Priambudi, Namira Hilda Papuani, Ramdhan Prawira)
  2. Juara 3 IMA HTN Essay Competition 2020( Reni Putri A, M. Kava Zulfikri)
  3. Juara 2 Diponegoro Law Fair 2020 ( Reyka Widia Nugraha, Herfiana Pratiwi, Salsabila Puteri)
  4. Finalis Contract Drafting MPR RI 2020 ( Dian Ayu Widya Ningrum, , Maulana Reyza, Marsa Taufiqurrahman, Abdul Basith Umami)
  5. Juara 3 KTI APU PPATK Nasional 2020 (Dian Ayu Widya Ningrum, Luthfiatul Hasanah, Febri Wahyu Saputra)
  6. Juara 3 Social Science in National Law Competition, oleh LK2 FH UI 2020(Moch. Irfan Dwi Syahroni, Maulana Reyza, Marsa Taufiqurrahman)
  7. Juara 1 Sayembara Essay Hukum Nasional LSO PUKASH UMM 2020 (Shofi Munawir Effendi)
  8. Finalis Kompetisi Debat Diponegoro Law Festival 2019 (Dian Ayu Widya Ningrum, Luthfiatul Hasanah, Ananda Nurul Hidayah)
  9. Finalis Constitutional Law Festival 2019 ( Dian Ayu Widya Ningrum, Luthfiatul Hasanah, Yudi Yasmin Wijaya)
  10. Finalis Kompetisi Essay IPMHI 2019 ( M. Kava Zulfikri, Abdul Basith Umami)
  11. Juara 3 Kompetisi KTI KERTAS VI LP2KI UNHAS 2019(Maulana Reyza, Moch. Irfan Dwi Syahroni, Walliyam Mursida)
  12. Finalis Debat Konstitusi XII 2019 ( Marsa Taufiqurrahman, Nony Aulia R, Andri Setiawan)
  13. Juara 2 KTI Riau Law Fair 2019 (Maulana Reyza, Moch. Irfan Dwi Syahroni, Walliyam Mursida)
  14. Juara 3 LOMBA DEBAT MPR REGIONAL JAWA 2018 (Moch. Marsa Taufiqurrahman, Nony Aulia R, Muhammad Iqbal)
  15. Juara 1 dan 3 Duta FH 2018 (Kefara Gustina Digmadani, Roni Gunawan)
  16. Juara 1 Constitutional Law Festival 2018 ( Maulana Reyza, Moch. Irfan Dwi Syahroni, Walliyam Mursida)
  17. Juara 3 Kompetisi Debat MPR Regional Jawa 2018 (Habi Burrohim, Moch. Mustanul Khusni, Nony Aulia)
  18. Finalis Lomba Debat Dr. Mohtar Riady Legal Fair Universitas Pelita Harapan 2018(Muhammad Iqbal, Moch. Marsa T, Andri Setiawan)
  19. Finalis KTI Islamic Law Festival Universitas Diponegoro 2018 (Misbahul Ilham, Dewi Masitah, Cicik Dyah Pratiwi)
  20. Juara 1 Regional Timur Kompetisi Debat Konstitusi MPR 2018( Habi Burrohim, Moch. Mustanul Khusni, Nony Aulia)
  21. Finalis Kompetisi Essay Nasional IPMHI 2017 ( Dimas Bagus Santoso dan Bima Prakoso)
  22. Finalis UNPHORIA Universitas Negeri Padang 2017 (Novia Puspitasari dan Elviana Risqa)
  23. Finalis Debat Hukum Nasional H.R Djoko Soemadjo Universitas Narotama 2017 ( Yudhistira, Don Ramadhan Bawazier, Kholifi Al Amin)
  24. Semifinalis LOMBA DEBAT KONSTITUSI MK NASIONAL 2017 ( Setiawan, Habi Burrahim, Eko Suryo Prasetyo)
  25. Juara 1 LOMBA DEBAT KONSTITUSI MK REGIONAL JATIM ( Setiawan, Habi Burrahim, Eko Suryo Prasetyo)
  26. Juara 2, LOMBA KTI FASIH LAW FAIR IAIN TULUNGAGUNG 2017(Indramayu, Novia Puspitasari)
  27. Best Oralist KOMPETISI LOMBA DEBAT HUKUM NASIONAL UBAYA LAW FAIR 2016 (UNIVERSITAS SURABAYA) (Elviana Risqa Nur F)
  28. Juara 1 KOMPETISI LOMBA DEBAT HUKUM NASIONAL UBAYA LAW FAIR 2016 (UNIVERSITAS SURABAYA) (Habi Burrohim, Moch. Musta’anulK., Elviana Risqa Nur F)
  29. Perempat Final dan Semifinal DEBAT MAHKAMAH KONSTITUSI 2016 (Eko Surya Prasetyo, Don Ramadhan Bawazir, Setiawan)
  30. Juara 1 KTI UII LAW FAIR 2016 PIALA MOHAMMAD NATSIR YOGYAKARTA ( Eko Surya Prasetyo, Novia Puspitasari, Indramayu)
  31. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Nasional CLFEST 2015 Universitas Brawijaya (Alifatul Fikriyah, Eko Surya Prasetyo)
  32. Juara 1 Essay Tingkat Nasional Universitas Jember 2015 ( Fathur Rochman)
  33. Best Speaker Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Piala MK 2014 Universitas Brawijaya Malang (Riska Meisa)
  34. Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Piala MK 2014 Universitas Brawijaya Malang (Riska Meisa, Yuli Ningtyas)
  35. Juara Harapan 1 Lomba Debat Hukum Nasional MK-RI 2013 (Gress Gustia Adrian Pah, Naila Rizqi Zakiah, Arei Luthfi)
  36. Juara 1 Mahasiswa berprestasi Universitas Jember 2013 (Naila Rizqi Zakiah)
  37. Juara 3 Lomba Debat Hukum Nasional PPATK 2013 (Iftitah Dewanty, Rizka Meisa, Azizi Chidayatullah)
  38. Juara 2 LKTM Tingkat Nasiona Hindu Dharma 2012
  39. Juara 1 Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat lomba Debat Hukum Brawijiya Lawfair 2012 FHUB Malang (Gress Gustia Adrian Pah, Naila Rizqi Zakiah, Indra Kusumayudha)
  40. Juara 1 Nasional Lomba Debat Hukum Piala Sri Soemantri 2012 FH Universitas Padjajaran Bandung (Gress Gustia Adrian Pah, Naila Rizqi Zakiah, Indra Kusumayudha)
  41. Juara II lomba debat Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Jember ( M. Toriq, Huda dan Sadu Bagas)
  42. Juara I lomba debat Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Jember ( M. Indra Kusumayudha, Gress Gustia, Nayla Rizqi)
  43. Juara II Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember 2011. (Muhammad Bahrul Ulum).
  44. Juara Harapan II dan Naskah Karya Tulis Ilmiah terbaik pada Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Antar Mahasiswa (ATLAS) dalam acara Brawijaya Law Fair 2010 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FHUB. (Muhammad Bahrul Ulum, Ainul Yaqin dan Naila Rizqi Zakiah).
  45. Juara I English Debate Competition, Jember University. (Naila Rizqi Zakiah).
  46. Juara I Moot Court Competition Mahkamah Konstitusi (MCC MK) Regional IV. (Naila Rizqi Zakiah, Muhaimin Rahayu Firdausari dan Ainul Yaqi Wahyu Suryawan).
  47. Juara I Lomba Debat Hukum Nasional FHUI Piala Padmo Wahjono dalam acara Sciencesational 2010 yang diselenggarakan Lembaga Kajian Keilmuan (LK2) FHUI. (Insyirah Kresnawati, Muhammad Bahrul Ulum dan Imron Rosadi).
  48. Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa FHUJ 2009. (Magfirotun Nisa dan Astin Arini).
  49. Juara I Lomba Karya Tulis Anugerah Mahkamah Konstitusi 2009. (Muhammad Bahrul Ulum).