Criminal Law Student’s Association

Criminal Law Student’s Association (CLSA) merupakan Himpunan Mahasiswa Bagian (HMB) Hukum Pidana di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang berdiri pada 12 Februari 2010. CLSA hadir sebagai wadah dan sarana pengembangan diri serta sumber daya manusia juga aspirasi dan advokasi Mahasiswa Bagian Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Jember. Kini, CLSA menginjak usia ke-11 tahun dengan mengusung arah pandangan keorganisasian ‘Progresif dan Inovatif’. Pada usianya ke-11 ini, CLSA berniat membongkar eksklusivitas, merangkul dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, serta  menjadi teman belajar dan berproses bagi semua.

BERITA TERBARU

Criminal Law Student Association (CLSA) merupakan Himpunan Mahasiswa Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Jember. Pada dasarnya CLSA merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan sumber daya manusia yang telah mengambil mata kuliah kekhususan Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Jember. Sebagai organisasi mahasiswa di bawah institusi kampus, CLSA siap mengawal dan mengimplementasikan ketiga pilar pada Tri Dharma Perguruan Tinggi serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

CLSA lahir berawal dari pemikiran mahasiswa hukum dan dosen yang mengharapkan mahasiswa hukum, khususnya mahasiswa hukum pidana menjadi lebih kreatif, inovatif dan kritis dalam mengadapi tantangan zaman yang semakin modern dan kompleks. Pada awal lahirnya CLSA, himpunan ini memiliki tagline Cerdas, Santun, dan Bermartabat. Kini, tagline tersebut bertransformasi menjadi Progresif dan Inovatif di tahun ke-11 CLSA, sejalan dari gagasan Ketua Umum CLSA 2021. Kata ‘progresif’ berasal dari buah pemikiran Satjipto Rahardjo yakni, Hukum Progresif, dimana hukum progresif memandang bahwa hukum itu untuk manusia, untuk membahagiakan manusia, untuk mengabdi demi kepentingan manusia, serta bukan manusia untuk hukum. Berkaitan dengan kata kedua yakni ‘inovatif’, makna kedua tagline ini tergambar dari terobosan dan program yang akan CLSA lakukan, dimana Pengurus CLSA akan terus berusaha untuk membangun diri dan meningkatkan kualitas pelayanan demi membawa Fakultas Hukum Universitas Jember yang lebih baik dan bermanfaat.

Visi

Melaksanakan dan mengimplementasikan ketiga pilar pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagai dasar dan arah menjalankan roda keorganisasian Criminal Law Student’s Association.

Misi

  1. Berperan aktif membangun wadah edukasi dan diskusi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum;
  2. Mengaplikasikan teori dan pengetahuan hukum melalui riset dan penelitian serta meningkatkan publikasi ilmiah mahasiswa;
  3. Hadir dan mengabdi kepada masyarakat, mahasiswa menjadi contoh, model, dan teladan dalam pemikiran, perkataan, dan perbuatan kepatuhan hukum.

Pembina CLSA         : I Gede Widhiana Suarda, S.H., M.H., Ph.D.

Ketua Umum             : Shofi Munawwir Effendi

Sekertaris Umum      : Audrey Devy Kumala

Bendahara Umum    : Gulut Hotul Soliha

Divisi Koordinator Penegakan

  • Kepala Divisi : Muhammad Haris Adz Dzakiy
  • Wakil Kepala Divisi : Asmayatul Aliza

Divisi Koordinator Praktisi

  • Kepala Divisi : Muhammad Faisal Fikri
  • Wakil Kepala Divisi : Diany Lestari

Divisi Pendidikan

  • Kepala Divisi : Fransiska Wahyu Yubelina
  • Wakil Kepala Divisi : Dini Wininta Sari
  • Staf Divisi : Melisa Dwi Fransiska

Divisi Keanggotaan

  • Kepala Divisi : Mukhammad Fara Abdillah Zulfikar
  • Wakil Kepala Divisi : Rian Yonas Ramadhan
  • Staf Divisi : Viko Rahmat Putra

Divisi Hubungan Masyarakat

  • Kepala Divisi : Achmad Fathoni
  • Wakil Kepala Divisi : Nova Dwi Prasetyo
  • Staf Divisi : Dimas Varizal Putra Purnama
  • Staf Divisi : Syendika Dyandra Putra

Divisi Kewirausahaan

  • Kepala Divisi : Nova Kartika Salsadila
  • Wakil Kepala Divisi : Tantri Sania
  • Staf Divisi : Tio Six Mico Bharasakti
  • Staf Divisi : Indra Saputra

Divisi Teknologi Informasi Komunikasi

  • Kepala Divisi : Kyagus Ramadhani
  • Wakil Kepala Divisi : Yudhistira Putra Aditya
  • Staf Divisi : Muhammad Helmi Maulidi

Staf Divisi                   : Karina Sari Nimas Ayu Wardani

Criminal Law Student’s Association (CLSA) berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia, menghadirkan wadah dan sarana pengembangan diri Mahasiswa Bagian Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Jember serta menjadi organisasi yang melahirkan generasi mahasiswa hukum yang kritis, progresif, dan solutif.. Dalam mencapai arah dan tujuan tersebut melalui kinerja dan program kegiatan yang terdiri dari 7 (tujuh) unit kerja. Program kerja tersebut terbagi berdasarkan program unggulan, pembinaan akademik hukum, penguatan keorganisasian, serta pengembangan sumber daya manusia.

Rencana Kerja CLSA 2021 yang menjadi garis besar program kerja CLSA disampaikan pada pertemuan Dekan Fakultas Hukum dengan Pengurus CLSA 2021. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum CLSA menyampaikan 5  program kerja unggulan serta 15 program kerja. Program kerja yang dimiliki CLSA tak hanya berfokus pada pengembangan akademik hukum pidana, namun juga berkaitan dengan keilmuan interdisipliner yang erat hubungannya dengan hukum hingga Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Terhitung hingga pertengahan bulan Maret 2021, CLSA telah melaksanakan 15 kegiatan, baik berupa webinar, kajian, study club, pengabdian masyarakat, menjalin kemitraan dengan instansi hukum, hingga campaign. Sebagai harapan dan impian 1 tahun masa kepengurusan CLSA 2021, himpunan mahasiswa hukum pidana akan lebih berfokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dimana saat ini sedang menjalin kemitraan dengan Yayasan Bengkel Jiwa/Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (LKS ABH) Bengkel Jiwa dalam memperjuangkan hak anak demi mewujudkan Kabupaten Jember sebagai Kabupaten Ramah Anak. Nantikan kejutan dan inovasi CLSA, semoga memberi dampak positif bagi berbagai pihak.

Criminal Law Student’s Association sebagai himpunan mahasiswa hukum pidana memiliki fokus program pada pembinaan akademik hukum, pengembangan sumber daya manusia, dan penguatan keorganisasian. Berkaitan dengan pembinaan akademik hukum, CLSA hadir menjadi wadah belajar dan berproses bagi mahasiswa, utamanya mahasiswa hukum pidana di Fakultas Hukum Universitas Jember. CLSA berniat menjadi #TemanBelajarBagiSemua dengan menyediakan program kelompok belajar dan diskusi. Pada bidang pengembangan sumber daya manusia, berhubungan untuk membentuk karakter mahasiswa memiliki kemampuan softskill yang berguna di dunia kerja. Program yang berkaitan pada bidang ini yakni kunjungan ke instansi hukum, program magang di instansi hukum, webinar career talks, pembinaan kesehatan mental, hingga beragam kegiatan pendukung lainnya. Terakhir, bidang penguatan keorganisasian sebagai bidang pendukung sebagai upaya penguatan dan pengembangan roda keorganisasian, mempererat tali silaturhami, serta komunikasi.