Civil Law Community

Himpunan Mahasiswa Perdata, atau yang biasa disebut sebagai CLC (Civil Law Community) adalah Himpunan Mahasiswa Bagian di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang berdiri pada tanggal 10 Juni 2013.

BERITA TERBARU

Himpunan Mahasiswa Perdata atau yang biasa disebut sebagai CLC (Civil Law Community) adalah Himpunan untuk mahasiswa Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Jember yang bertujuan untuk mempererat kerukunan dan keakraban antar mahasiswa bagian hukum keperdataan serta mempermudah penyaluran informasi akademik maupun non-akademik, dan aspirasi melalui berbagai kegiatan positif yang tidak terbatas hanya pada bagian perdata agar dapat terwujudnya mahasiswa berintegritas tinggi yang aktif serta kreatif yang dilengkapi dengan wawasan yang luas.

Bagian Hukum Perdata di Fakultas Hukum Universitas Jember terbagi menjadi dua kekhususan, yaitu Ekonomi dan Bisnis dan Waris dan keluarga. Hal tersebut menimbulkan kebutuhan akan adanya keberadaan suatu wadah untuk mahasiswa perdata untuk mempererat kebersamaan, kerukunan, dan keakraban tidak hanya antara mahasiswa Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Jember namun juga kepada mahasiswa bagian hukum lainnya yang tidak hanya terbatas di Fakultas Hukum Universitas Jember namun juga di Fakultas Hukum Universitas lainnya.

Kebutuhan akan adanya suatu wadah bagi mahasiswa Perdata membuat dibentuknya CLC (Civil Law Community) pada tanggal 10 Juni 2013 yang disahkan oleh Wakil Dekan III (Iwan Rachmat, S.H., M.H.) atas persetujuan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum.). Pembuatan CLC (Civil Law Community) sebagai himpunan mahasiswa bagian perdata digagas oleh Dr. Dyah Octorina Susanti, S.H., M.Hum., Firman Floranta, S.H., M.H., dan Nuzulia Kumala Sari, S.H., M.H..

CLC (Civil Law Community) dibuat dengan tujuan untuk menciptakan suasana kekeluargaaan serta suasana kondusif antara mahasiswa bagian Perdata, dengan bagian lainnya serta dengan unit kegiatan mahasiswa yang berada di lingkup Fakultas Hukum Universitas Jember serta untuk menciptakan perluasan, transparansi, dan kemudahan pembagian informasi mengenai akademik dan non-akademik di lingkup bagian perdata Fakultas Hukum Universitas Jember.

SUSUNAN PRESIDEN HIMPUNAN MAHASISWA PERDATA:

2013: Gideon Dewantara Alfamega

2014: Muhammad Azwar Anas

2015: Lindi Sengkuang

2016: Reiyan Novandana

2017: Roby Irham Ramadhan

2018: Jeremias Andrew Desembrico

2019: Amanda Trio

2020: Muhammad Zainal Abidin

2021 : Bimantara fauzan Kusuma

Visi CLC (Civil Law Community)  adalah menignkatkan kualitas berorganisasi, mengembangkan pemahaman keilmuan perdata, membangun, dan mempererat kekeluargaan antar anggota CLC (Civil Law Community)  dan mahasiswa fakultas Hukum Universitas Jember

Misi CLC (Civil Law Community)  terdiri dari :

  1. Membangun dan mempererat kerukunan antar mahasiswa kekhususuan Hukum Keluarga dan Waris serta Kekhususan Hukum Ekonomi dan Bisnis
  2. Meningkatkan kualitas berorganisasi pengurus dan setiap angota dalam menjalankan kepengurusan dan semua kegiatan CLC (Civil Law Community)
  3. Menciptakan perluasan, kemudahan, dan transparansi informasi akademik dan non akademik
  4. Menciptakan akuntabilitas dan profesionalisme pengurus dan keanggotaan CLC (Civil Law Community)

Menciptakan suasana hubungan antar mahasiswa, Himpunan Bagian dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkekeluargaan serta kondusif di lingkup Fakultas Hukum Universitas Jember

  1. Pembina : Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H.
  2. Presiden : Bimantara Fauzan Kusuma
  3. Sekretaris Jendral : Salsabila Tamami
  4. Menteri Pendidikan : Irene Elvaretta Wijaya
  5. Wakil Menteri Pendidikan : Sheila Novia Anggita
  6. Sekretaris Menteri Pendidikan : Apta Daniswara Hardiani Kusuma
  7. Menteri Humas dan Kerjasama Eksternal : Ivan Anggoro Setyowarsono
  8. Wakil Menteri Humas dan Kerjasama Eksternal : Taufiq Ramadhan
  9. Sekretaris Menteri Humas dan Kerjasama Eksternal : Ayudia Puspita
  10. Menteri Keuangan : Zulfan Thariq Muhammad
  11. Wakil Menteri Keuangan : Rania Ayang Devayanti
  12. Menteri Administrasi & Kesekretariatan : Dadang Arya Bhakti
  13. Wakil Menteri Administrasi & Kesekretariatan : Sinta Dwi Safitri
  14. Menteri Kewirausahaan : Izaz Dhiasyabana Pribadi
  15. Wakil Menteri Kewirausahaan : Devani Putri Novianti
  16. Sekretaris Menteri Kewirausahaan : Hilyatusshoimah
  17. Menteri Teknologi Informasi : Shanahan Iddojati
  18. Wakil Menteri Teknologi Informasi : Raisa Rahmah Zafirah
  19. Sekretaris Menteri Teknologi Informasi : Frederica Prima Puspaningtyas Putri

Himpunan Mahasiswa Perdata dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah himpunan bagi mahasiswa bagian perdata di Fakultas Hukum Universitas Jember didukung dengan 6 Kementerian yang terdiri dari:

  1. Kementerian Pendidikan
  2. Kementerian Humas dan Kerjasama Eksternal
  3. Kementerian Keuangan
  4. Kementerian Administrasi dan Kesekretariatan
  5. Kementerian Kewirausahaan
  6. Kementerian Teknologi Informasi

Tiap kementerian memiliki program kerja masing-masing yang saling melengkapi dan membuat sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari satu sama lain. Kementerian Pendidikan adalah kementerian yang membidangi kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. Kegiatan yang dijalankan oleh kementerian pendidikan antara lain adalah perlombaan essay dan serangkaian webinar dan seminar.

Kementerian Humas dan Kerjasama Eksternal adalah kementerian yang memiliki dua tugas utama yaitu menyebarkan Informasi tentang kegiatan Himpunan Mahasiswa Perdata dan menjadi Penghubung kerja sama dengan pihak di luar lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember. Kementerian humas dan kerjasama eksternal dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyebar informasi juga memegang media komunikasi sosial yang dipunyai oleh Himpunan Mahasiswa Perdata.

Kementerian Keuangan merupakan kementerian yang bertugas dalam bidang keuangan yang meliputi pengaturan, pendataan, pengelolaan, dan pencatatan keluar masuknya keuangan di dalam Himpunan Mahasiswa Perdata.

Kementerian Administrasi dan Kesekretariatan adalah kementerian yang membidangi pendataan teknis administrasi anggota Himpunan Mahasiswa Perdata dan berfungsi sebagai penata, pengelola, dan pengarsip setiap kegiatan atau program kerja Himpunan Mahasiswa Perdata.

Kementerian Kewirausahaan adalah kementerian yang membidangi kegiatan kewirausahaan di dalam Himpunan Mahasiswa Perdata untuk meningkatkan pemasukan dana Himpunan Mahasiswa Perdata melalui kegiatan seperti membuka Pre-Order PDL dan Merchandise bertemakan Himpunan Mahasiswa Perdata.

Kementerian Teknologi Informasi adalah kementerian yang bertugas sebagai pengendali informasi dan komunikasi mengenai Himpunan Mahasiswa Perdata yang akan dipublikasikan melalui jejaring sosial maupun berita di tempat papan informasi publik.