Bahana Justitia

UKM Bahana Justitia adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember yang berdiri pada tahun 1984. UKM Bahana Justitia  ini bergerak di 5 bidang yakni bidang Music, Entertainment, Art Design, Fotografi, dan Jurnalistik.

BERITA TERBARU

UKM Bahana Justitia dibentuk sebagai wadah mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember  untuk mengembangkan potensi serta menyalurkan minat dan bakat yang khususnya pada bidang kesenian. UKM Bahana Justitia mewadahi 5 (lima) bidang yaitu bidang Musik, Entertaiment, Art Design, Fotografi, dan Jurnalistik.

Bahana Justitia adalah organisasi bersifat independen dalam menyalurkan aspirasinya dan tidak berafiliasi dengan segala macam organisasi bersifat politik yang bersifat non profit. Bahana Justitia adalah organisasi berbentuk kesatuan. Bahana Justitia adalah organisasi yang mempunyai bidang lingkup dalam kegiatan intra kurikuler minat bakat seni Musik, Entertainment, Fotograti, Jurnalistik, dan Art Design dengan segala pengembangannya.

Berawal dari UKM paduan suara Fakultas Hukum Universitas Jember, PSM lebih condong ke seni paduan suara tetapi anggotanya lebih banyak yang berminat ke seni musik dan Entertainment. Tahun 1980an PSM terpecah menjadi dua UKM. Bahana Justitia didirikan oleh Bpk. Arie Soejatno, S.H. (pada saat itu Dekan FH) tanggal 2 Desember 1984 di Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur

Azas

BAHANA JUSTTITIA berazaskan atas Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945, serta berazaskan kekeluargaan

Tujuan

BAHANA JUSTTIA sebagai bagian dari Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Jember bertujuan untuk :

  1. Memajukan, menghidupkan dan menyemarakkan kegiatan intrakurikuler di kalangan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember disamping kegiatan akademis yang merupakan tujuan utama.
  2. Menghimpun para mahasiwa yang mempunyai minat dan bakat serta perhatian dalam seni Musik, Entertainment, Fotograti, Jurnalistik, dan Art Design di satu wadah organisasi.
  3. Membina dan memajukan serta mengembangkan minat dan bakat seni Musik, Entertainment, Fotograti, Jurnalistik, dan Art Design diantara sesama anggota organisasi secara bersama-sama.
  4. Mengembangkan serta belajar untuk mengorganisir suatu kegiatan minat bakat seni Musik, Entertainment, Fotograti, Jurnalistik, dan Art Design ke dalam suatu penyelenggaraan acara Entertainment dengan segala aspek organisasinya.
  5. Mengadakan kerjasama dengan lembaga atau orgamsasi intra di lingkungan Fakultas Hukum dan Universitas Jember.

Pembina : Galuh Puspaningrum, S.H., M.H.

Ketua Umum : Adhitya Rio Marega

Sekertaris : Melyana Febrianti

Bendahara : Safira Oktavia Purwanto

Bidang I Kesekretariatan

Kordinator                : Iftitah Adis Amartya

Div Arsip                  : Laras Wahyu Nuraini

Div Inventaris          : Alvina Ditasari

Bidang II Keorganisasian

Koordinator             : Yehezkiel Nugroho

Div Humas               : Adinda Sri Enggar C. K.

Div Keanggotaan     : Ivanita Balqis R.

Bidang III Minat dan Bakat

Koordinator              : Aji Ababil

UKM BAHANA JUSTITIA FH UNEJ memiliki fungsi yaitu : 1) Kegiatan dalam mengekspresikan dan mengembangkan bakat dan minat yang disalurkan melalui kegiatan atau lomba lomba cabang musik,entertainment, art design, fotografi, dan jurnalistik didalam maupun diluar kampus; 2) Melaksanakan pelatihan di bidang Musik, Entertaiment, Art Design, Fotografi, dan Jurnalistik Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember; 3) Menampung dan menyalurkan aspirasi, minat, dan bakat anggota dalam berbagai kegiatan yang ada di UKM Bahana Justitia; 4) Sebagai forum komunikasi anggota yang memiliki minat, bakat, dan kreatifitas diantara anggota.

Untuk menjalankan fungsi tersebut, UKM Bahana Justitia membentuk beberapa program kerja, antara lain:

 

  1. Romantic

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu dan tertimpa musibah, maka kita berniat melakukan bakti sosial. Kita sebagai makhluk Tuhan dan sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kita menyadari bahwa saudara-saudara kita yang kurang beruntung sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari kita.

  1. Aplikasi Anggota Muda Bahana Justitia

Guna mengembangkan bakat dan minat mahasiswa serta mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember di bidang entertaiment, music, art and design, photography, dan jurnalistik. UKMF Bahana Justitia bisa lebih berkembang untuk menjadi organisasi yang lebih produktif dan berkualitas. Dan diharapkan kedepannya anggota-anggota baru bisa menjadi penerus dan melanjutkan kelestarian organisasi Bahana Justitia baik dalam maupun luar lingkup Fakultas Hukum, Universitas Jember.

  1. Bahana Justitia Road To Café

Guna mengembangkan bakat dan minat mahasiswa serta mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember di bidang entertainment dan music. UKMF Bahana Justitia mengadakan pementasan agar bisa lebih berkembang untuk menjadi organisasi yang lebih produktif dan berkualitas. Setelah diadakannya aplikasi di lingkungan Fakultas Hukum, anggota UKMF Bahana Justitia diharapkan dapat berkarya di luar kampus dengan pengaplikasian bakat di tempat umum dengan mengajak UKM music lainnya di dalam maupun luar Universitas Jember sebagai jembatan silaturrahmi

  • Juara 1 GenAsik Music Campus
  • Juara 2 Battle Band Fakultas Ekonomi
  • Top V Indie Party Bondowoso
  • Juara 1 LA Lights Campus Edutainment
  • Juara 1 Festival Band antar Fakultas “Sing a Song”