IMPA Akasia

Organisasi IMPA Akasia merupakan suatu wadah di dalam suatu kelompok yang dapat berpartisipasi di dalam masyarakat. Organisasi IMPA Akasia bergerak dalam bidang kepecinta alaman yang terjun langsung didalam kegiatan alam bebas yang diperlukan adanya latihan – latihan dalam perkembangannya untuk kesadaran didalam kelestarian lingkungan. Upaya penyadaran pengetahuan dan pemahaman tentang kelestarian lingkungan hidup diperlukan sedini mungkin untuk diharapkan sebagai penerus generasi muda yang memiliki rasa kepedulian dan kesadaran terhadap kelestarian alam, dimana masa akan datang mewariskan sistem pengelolaan alam yang seimbang serta ramah terhadap lingkungan alam disekitar mereka.

BERITA TERBARU

Sejak terbentuknya IMPA Akasia FH-UNEJ sebagai UKM maka tidak akan terlupa dengan asal nama tersebut sebab masalah bukan sekedar nama saja namun merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi suatu organisasi. Pemberian nama Akasia tidak begitu saja diberikan melainkan melalui proses pemikiran dan pertimbangan yang mempunyai nilai kebijakan pada nama tersebut. Dasar pertimbangan pengambilan nama tersebut adalah : Instruksi Rektor UNEJ, yaitu dengan nama tumbuh-tumbuhan. Dengan ketentuan tersebut maka diambillah nama sebuah pohon yaitu AKASIA.

 

Alasan penamaan dengan nama Akasia karena karakteristik dari pohon tersebut, yaitu pohon Akasia merupakan nama perintis yang mampu hidup dan tumbuh dimana saja bahkan di daerah kering. Pertumbuhan dan perkembangannya tidak memerlukan perawatan khusus. Setelah itu ia dapat menyuburkan tanah disekitarnya dan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

 

Memperhatikan betapa besar nilai filsafat dari pohon Akasia tersebut kemudian diambillah nama tersebut sebagai nama UKM sebagai Pecinta Alam Akasia FH-UNEJ dengan harapan bahwa karakter anggota Akasia sesuai dengan ciri khas pohon Akasia yaitu setiap anggota mampu menghadapi dan mengatasi tantangan Pendidikan Dasar Akasia XXXVII. Tantangan baik ekstern maupun intern yang muncul sebagai kendala-kendala yang dapat menghambat perkembangan dirinya. Sifat fleksibel inilah yang harus dimiliki guna bekal bagi dirinya untuk terjun ke dalam masyarakat sehingga IMPA Akasia FH-UNEJ mampu mewujudkan nilai-nilai Tri Dharma perguruan tinggi sebagai kelanjutan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan azas organisasi

Sekitar tahun 1980 dari sekelompok mahasiswa UNEJ yang mempunyai minat dan bakat yang sama sebagai seorang petualang murni dengan rasa senasib seperjuangan, telah memberi inspirasi bagi mereka untuk berkumpul dan bertemu, saling tukar pendapat untuk menyalurkan minat dan bakatnya sebagaimana yang mereka miliki, misalnya, pendakian gunung, rekreasi (camping) dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan di alam bebas.

Terbersit suatu obsesi bahwa minat dan bakat akan terjamin keberadaanya bila ada suatu wadah yang legal yaitu mampu mewujudkan inspirasi dari semua anggotanya. Kemudian obsesi itu segera dilaksanakan dengan segala upaya yang kemudian diajukan gagasannya melalui senat mahasiswa ( SEMA ) FH UNEJ melalui Pembantu Dekan III. Ternyata usaha tersebut tidak sia-sia dan Pembantu Dekan III atas nama Dekan FH-UNEJ memberi ijin untuk dibentuknya unit kegiatan mahasiswa yang baru di bidang kepecintaalaman. Pada tanggal 27 Mei 1983 Hari Sabtu pukul 22.00 WIB diresmikan UKM IMPA Akasia FH-UNEJ di Pantai Kucur Kecamatan Puger Kabupaten Jember untuk waktu yang tidak terbatas.

  1. Juara I Perorangan Putra LOMBA LINTAS ALAM Tingkat nasional “LINDRI LAND ROCK” Tulung agung 2010
  2. Juara IV Kejuaraan Nasional Arung Kalimas HIMAPAUS VII “GALON RAFTING” 2017
  3. Juara III “MAHAPALA ORIENTERING COMPETITION” 2015
  4. Juara I “Meru betiri crosscountry” 2006
  5. Juara I “ Lomba Lintas Alam 2007 Bande Suka “
  6. Juara I “Lomba Lintas Alam 2012 Bande Alit – Sukamade”