PENELITIAN & PUBLIKASI ILMIAH

Penelitian dan publikasi pada Fakultas Hukum Universitas Jember terkategori dalam pusat kajian, kelompok riset dan terbitan berkala jurnal ilmiah. Hingga saat ini, terdapat 3 pusat kajian, 17 kelompok riset dan 8 jurnal ilmiah bidang hukum. Melalui pusat kajian dan kelompok riset, penelitian dilakukan berbasis luaran dalam buku dan jurnal.

3

PUSAT KAJIAN

17

KELOMPOK RISET

8

JURNAL

Pusat Kajian

Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) adalah pusat kajian dengan tujuan mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi yang secara responsif bersumbangsih terhadap kepentingan rakyat dan negara Republik Indonesia melalui pemikiran dan pengkajian kebijakan publik yang berakar pada Pancasila dan Konstitusi.

Pusat Kajian Hukum Perbankan (PUKATBANK) adalah pusat kajian di Fakultas Hukum Universitas Jember. Pukatbank memiliki Visi yang hendak dicapai yaitu mewujudkan pusat kajian yang berkontribusi secara nyata dalam pengembangan Hukum Perbankan di Indonesia. Pukatbank memiliki delapan anggota dengan berbagai disiplin ilmu hukum, dari Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum Administrasi Negara, Hukum pidana, dan disiplin ilmu hukum lainnya.

KELOMPOK RISET

1. Pluralism and Asian Legal Studies
2. Regional Law Studies
3. Investment Law Studies
4. Jurisprudence
5. Development of Indonesian National Legal System
6. Law Protection
7. Konstitusionalisme Kewarganegaraan
8. Politik Hukum Pidana
9. Administrasi Pemerintahan

10. Hukum dan Masyarakat
11. Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak
12. Hukum Keluarga dan Bisnis
13. Hukum Biotek
14. Bahasa Hukum
15. Lingkar Pembuktian Perkara Pidana
16. Cakramanggilingan
17. HUNISYA

PUBLIKASI JURNAL

Publikasi menjadi pendorong kualitas hasil penelitian para dosen pada Fakultas Hukum Universitas Jember. Selain giat publikasi pada berbagai jurnal baik nasional dan internasional, para dosen juga bertanggung jawab mengelola jurnal. Hingga saat ini, Fakultas Hukum Universitas Jember memiliki 8 (delapan) jurnal, yang terdiri atas dua jurnal internasional dan enam jurnal nasional.