PROFIL SINGKAT

Program Doktor Ilmu Hukum merupakan bagian dari Fakultas Hukum Universitas Jember. PDIH didirikan pada 2013 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 173/E/O/2013.

Mahasiswa PDIH memiliki kualifikasi Magister (S2) di bidang hukum. Dalam masa studi, seluruh mahasiswawajib menyelesaikan disertasi dan mempertahankannya dalam ujian sidang kualifikasi, sidang tertutup dan sidang terbuka.

Lulusan PDIH telah tersebar di berbagai wilayah, baik merupakan pimpinan lembaga negara, dosen, advokat dan praktisi hukum lainnya.

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

VISI:

“Program Doktor Ilmu Hukum yang berkompeten, berwawasan kebangsaan dan gobal, bersikap kritiks, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan ilmu hukum yang berguna untuk sebesar-besarnya kemaslahatan kemanusiaan (peradaban) dan tegaknya keadilan.”

 

MISI:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan hukum yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan dalam rangka menemukan atau mengembangkan teori-teori baru di bidang ilmu hukum;
  2. Menyelenggarakan program penelitian dan pengkajian di bidang ilmu hukum untuk menghasilkan karya-karya akademik yang sarat dengan temuan atau pengembangan konsep dan/atau teori-teori yang secara aksiologik berguna bagi pengembangan ilmu hukum pada khususnya, dan berguna bagi pembangunan serta peradaban manusia yang lebih baik pada umumnya;
  3. Mengembangkan program pendidikan hukum yang mengarah pada pemikiran-pemikiran etik, moral dan filsafati untuk menunjang pengembangan ilmu hukum dan pembangunan hukum nasional.

 

TUJUAN:

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor di bidang Ilmu Hukum yang kompeten, kritis dan kreatif dalam mengembangkan ilmu hukum yang ditekuninya;
  2. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor memiliki kemampuan bernalar atau berpikir hukum yang terstruktur dan sistematis, serta mampu memecahkan masalah-masalah hukum yang timbul berdasarkan prinsip-prinsip logikal yang dibangun berdasarkan teori-teori atau konsep- konsep hukum dan filsafat keilmuan yang baik dan kokoh;
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi Doktor di bidang Ilmu Hukum yang memiliki integritas dan kepribadian akademis, moral dan etika berperilaku yang baik serta memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan internasional yang memadai.

 

PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.H.
  2. Prof. Dr. Herowati Poesoko, S.H., M.H.
  3. Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum.
  4. Prof. Dr. M. Khoidin, S.H., M.H., CN.
  5. Prof. Dr. Dominikus Rato, S.H., M.Si.
  6. Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H.
  7. Dr. Jayus, S.H., M.H.
  8. Dr. Aries Harjanto, S.H., M.H.
  9. Dr. Triana Ohoiwutun, S.H., M.H.
  10. Dr. Fanny Tanuwijaya, S.H., M.H.
  11. I Gede Widyana S., S.H., M.H., Ph.D.
  12. Dr. Bayu Anggoro, S.H., M.H.
  13. Dr. Dyah Ochtorina Susanti, S.H., M.H.
  14. Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H.
  15. Al. Khanif, S.H., M.A., Ph.D.
  16. Dr. Aan Effendi, S.H., M.H.
  17. Dr. Rini Anggraini, S.H., M.H.
  18. Dr. Iwan Rachmat Setyono, S.H., M.H.
  19. Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H.
  20. Dr. Moh. Ali, S.H., M.H.
  21. Dr. Rachmadi Indra Tektona, S.H., M.H.
  22. Dr. Achmad Basarah, M.A.