10 May 2021

Peresmian Renovasi Kantor Posbakum & Ngabuburit Online Ramadhan Fest

Fakultas Hukum Universitas Jember, turut di dalamnya Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) Fakultas Hukum Universitas Jember bersama Pengadilan Negeri Jember mengadakan Peresmian Renovasi Kantor Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM). Acara tersebut selain mengadakan peresmian juga di ikuti dengan acara Ngabuburit Online.  Kegiatan Ngabuburit Online merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan Fest 1442 H/2021 M yang diselenggarakan oleh FH UNEJ. Peresmian dan Ngabuburit Online tersebut diselenggarakan di Pengadilan Negeri Jember, Senin (10/5).
Rangakaian acara yang di selenggarakan tersebut dimulai dengan acara peresmian renovasi Posbakum. Pelaksanaan peresmian Kantor Posbakum tersebut, dipimpin langsung oleh Rektor UNEJ  bapak Iwan Taruna dengan didampingi Dekan FH UNEJ  bapak Bayu Dwi Anggono, turut hadir pula mendampingi bapak Rektor Ketua PN Jember bapak Marolop Simamora.
Setelah acara peresmian selesai kemudian dilanjutkan dengan acara Ngabuburit online. Dalam ngabuburit online tersebut juga bincang-bincang terkait layanan bantuan Hukum dengan mengangkat tema “Dinamika Pemenuhan Layanan Bantuan Hukum di Masa Pandemi”. Adapun yang mengisi acara tersebut yaitu: Dr. Subianta Mandala, SH., L.LM. (Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jatim), Marolop Simamora, S.H., M.H. (Ketua PN Jember) dan Fiska Maulidian Nugroho, S.H., M.H (Direktur BPBH FH UNEJ).

Berdasarkan penyampaian bapak Dekan, “diambilnya tema ini sebab pada saat ini pemberian bantuan hukum belum sepenuhnya dirasakan bagi masyarakat miskin, terutama dari aspek hukum dan keadilan. Kenyataan ini pernah disampaikan oleh George Soros, yang menyinggung penyebab kemiskinan adalah tidak adanya keadilan hukum bagi masyarakat miskin. Sebaliknya akses hukum sangat mudah didapati oleh mereka yang punya banyak uang, yaitu dengan memberikan fee kepada pembela hukum (public defender). Praktek ini sesungguhnya bisa mengancam cita-cita hukum dan menciptakan kesenjangan kesetaraan posisi warga negara dihadapan hukum”, Tuturnya

Di akhir penyampaian bapak Dekan, FH Unej ingin memberikan pelayanan yang modern, baik dengan menghadirkan kenyaman dan kelayakan kepada masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan hukum di Posbakum ini.  Sejalan dengan apa yang disampaiakan bapak Dekan, Rektor Unej, Iwan Taruna, menyampaiakan bahwa Posbakum ini merupakan implementasi dari Tridharma Universitas Jember dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.Posbakum merupakan bagian dari ikhtiar kami semua untuk membawa manfaat bagi sesama di bidang pendampingan hukum oleh FH UNEJ kepada masyarakat.