06 Jun 2021

MBKM : Sosialisasi Pertukaran Mahasiswa FH UNEJ

Ketua dan Sekretaris Satuan tugas Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (Satgas MBKM) Fakultas Hukum Universitas Jember beserta tim melaksanakan Sosialisasi Pertukaran Mahasiswa. Pertukaran mahasiswa tersebut merupakan program MBKM FH UNEJ Semester gasal 2021/2022. Dimana para peserta dalam sosialisasi tersebut, merupakan mahasiswa angkatan 2019 dan 2020. Acara sosialisasi tersebut di laksanakan dengan di bagi dua sesi dari masing-masing angkatan dengan menggunakan zoom meeting, Minggu (06/06).

Program MBKM  ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, sebagaimana Pasal 18 yang menyebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar. serta kemudian juga, mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi. Berdasarkan itulah, kemudian dibentuk tim satgas FH UNEJ dalam rangka mempersiapkan program MBKM di FH UNEJ.

Berkaitan dengan MBKM, dalam sambutan Dekan FH UNEJ bapak Bayu Dwi Anggono menginformasikan “bahwa beberapa waktu yang lalu pada 27-28 Mei 2021, Tim Satgas MBKM FH UNEJ telah melakukan penandatanganan kerjasama implementasi program pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen serta sharing session antara FH UNEJ dengan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH UNNES) dan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS)”, Ungkapnya. Baca Juga : http://fh.unej.ac.id/program-mbkm-fh-unej-jalin-kerjasama-dengan-fh-uns/

Lebih lanjut bapak dekan menginformasikan bahwa “FH UNEJ  juga sebelumnya telah melakukan perjanjian Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lain, diantaranya: FH UNMUL, FH UNUD, FH UTM, FH UNS, FH UNNES, Fakultas Syariah UINKHAS, dan FH UPN Veteran Jakarta. Selain itu FH UNEJ juga telah melakukan perjanjian Kerjasama dengan institusi mitra antara lain: Polres Jember, Kejaksaan Negeri Jember, PN Jember, BPN Jember, OJK Jember, Imigrasi Jember, DPC IKADIN Jember, DPC PERADI Jember, Pengda INI Jatim, dan INI Jember-Bondowoso”, Tuturnya. Baca Juga : http://fh.unej.ac.id/fh-unej-jalin-kerjasama-bersama-fh-unnes-dalam-program-mbkm/

Berdasarkan keterangan diatas, bapak Dekan Optimis bahwa dengan adanya pertukaran mahasiswa ini akan semakin menambah wawasan dan menambah pegalaman para mahasiswa. Menurutnya, hal tersebut telah sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN. mengutip IKU terbaru yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/P/2021 memiliki tiga indikator utama, yang salah satunya adalah, kualitas lulusan yang diukur dengan Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, dan Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, Tutur Dekan.