27 May 2021

Launching dan Sosialisasi SILAT HUKUM Versi 2.0

Fakultas Hukum Universitas Jember melaunching dan mensosialisasikan platform Sistem Layanan Terpadu FH UNEJ (SILAT HUKUM). Silat Hukum ini telah terintegrasi dengan SISTER UNEJ, dimana platform ini untuk memudahkan semua sivitas akademi terhadap berbagai pelayanan seluruh Civitas Akademika FH UNEJ. Launching dan sosialisasi Silat Hukum Versi 2.0 ini di selenggarakan melalui via zoom meeting dan streaming melalui Youtube FH UNEJ, Kamis (27/5).
Melakukan Perkembangan Teknologi Informasi sangat bermanfaat untuk memudahkan aspek pelayanan dan birokrasi yang efektif serta efisien termasuk di Perguruan Tinggi khususnya dalam hal ini bagi FH UNEJ. Dalam kesempatan tersebut FH UNEJ ingin mewujudkan dengan meluncurkan platform SILAT HUKUM versi 2.0. Peluncuran ini merupakan peluncuran kedua, dimana sebelumnya telah di luncurkan pada 28 Desember 2020.
Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan FH UNEJ bapak Bayu Dwi Anggono bahwa Silat hukum ini merupakan Migrasi dari layanan manual/offline ke layanan online atas beberapa layanan di bidang akademik dan kemahasiswaan di FH UNEJ. Sistem ini telah memberikan manfaat diantaranya dan memudahkan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan utamanya pada situasi pandemic seperti ini, Tuturnya.
Menurut bapak Bayu, adanya layanan online tersebut tentu sejalan dengan salah satu misi FH UNEJ. Misi tersebut menyebutkan bahwa FH UNEJ, menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pengelolaan lembaga yang akuntabel dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi yang inovatif. Sehingga SILAT HUKUM ini merupakan perwujudan dari salah satu misi tersebut. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal mana SPBE diperlukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta berkualitas dan terpercaya.
Selengkapnya, simak rekaman video pada https://www.youtube.com/watch?v=59TEb3z86b4&t=458s
Peluncuran Silat Hukum tersebut langsung diresmikan oleh Rektor Universitas Jember Dr. Iwan Taruna, M.Eng. IPM. Selain peresmian, acara tersebut diikuti webinar yang menghadirkan narasumber Bapak Ferdinandus Setu, S.H., M.H.  yang merupakan Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Bapak Bayu Taruna Widjaja Putra, S., M.Eng., Ph.D.  Selaku Kepala UPT TI Universitas Jember. serta di Moderatori oleh ibu Dr. Dyah Octorina Susanti, S.H., M.Hum. selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Jember.