• 2nd Summer School & International Conference 2014

    Fakultas Hukum Universitas Jember akan kembali menyelenggarakan Summer School dan International Conference 2014 dengan topik" Legal system in ASIAN countries - European Union Law in German Experiences: Between Needs and Challenges 20 - 25 March 2014 Read More
  • A NEW ACADEMIC PARTNER:

    An Academic Agreement Between Faculty Of Law The University Of Jember And Hanoi Law University To Promote The Legal High Eduction In Indonesia And Vietnam Read More
  • International Conference 2014

    Fakultas Hukum Universitas Jember menyelenggarakan Seminar Internasional yang dilaksanakan di Bromo View, Probolinggo yang dihadiri oleh perwakilan dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Madagaskar, Korea, German
  • Summer School ke-2 di Fakultas Hukum Universitas Jember

    Fakultas Hukum Universitas Jember telah berhasil menyelenggarakan even akademik – Summer School pada tanggal 20-25 Maret 2014. Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Profil FK2H

1.1.      Sejarah Organisasi

Mahasiswa merupakan kaum intelektual dan generasi penerus bangsa dalam sejarah perkembangan Negara Indonesia. Peran serta mahasiswa dalam memelopori perubahan telah berlangsung selama puluhan tahun.  Pemikiran perubahan pada masa orde lama, orde baru dan reformasi merupakan bukti konkret dan tidak terlepas dari peran mahasiswa. Keberadaan mahasiswa sebagai suatu komunitas intelektual untuk senantiasa melahirkan gagasan dan pemikiran yang kritis atas permasalahan bangsa sehingga diharapkan untuk selalu tetap sebagai agent of change dan agent of control.

Pergerakan mahasiswa tidak hanya berlangsung dalam mengkritik pemerintah, namun harus mampu menjadi media pembelajaran bagi para mahasiswa sebagai pemilik masa depan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka melalui berbagai kegiatan yang berorientasi pada bidang keilmuan. Namun demikian, keberlangsungan pergerakan mahasiswa tersebut tidak serta merta berjalan lancar sesuai dengan harapan. Saat ini justru perkembangan mahasiswa sangat terasa mengalami kemunduran.

Kemuduran dalam perjalanan pergerakan mahasiswa tersebut tidak terlepas dari perkembangan globalisasi dan  seringkali terjadi proses apatisasi dan pembumian wacana-wacana hedonisme yang dapat kita lihat di hampir setiap sudut kampus. Selain itu, menurunnya minat mahasiswa untuk terlibat dalam lembaga kemahasiswaan, berdiskusi, menulis dan beberapa kegiatan ilmiah juga merupakan bukti nyata semakin lemahnya pengawalan lembaga kemahasiswaan dalam mengubah paradigma kampus yang futuristik.

Di samping itu, pergerakan mahasiswa yang selama ini juga masih terfokus pada gerakan masa dan sering mengabaikan upaya peningkatan kapasitas pengetahuan mahasiswa. Dalam kondisi tertentu pergerakan tersebut semakin memprihatinkan ketika adanya intervensi politik dan sebagai batu loncatan politik sehingga pergerakan tersebut tidak berjalan normal sebagaimana diharapkan. Tidak jarang pula terjadi tindakan kriminal yang justru merusak citra dan wibawa pergerakan mahasiswa.

Hal demikian terjadi pula di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Jember. Seolah mahasiswa telah mulai keluar dari jalur akademis. Pada dasarnya, pengembangan intelektual merupakan bekal bagi mahasiswa untuk menanamkan kemampuan ilmiah dan pada saat ini masih dirasa sangat kurang dan sesegara mungkin perlu dilakukan orientasi dan perubahan paradigma untuk kembali sebagai agent of change dan agent of control dengan tetap menanamkan nilai akademis.

Melihat Fenomena tersebut, para peneliti muda hukum FH UNEJ yang berjiwa kritis dalam merespon perkembangan keilmuan merasa bertanggung jawab secara moral, intelektual dan sosial. Wujud tanggung jawab tersebut dengan mengambil peran dalam pergerakan mahasiswa yang lebih mengutamakan kapasitas pengetahuan dan daya kritis yang tinggi. Sebagai aktualisasi, didirikan Forum Kajian Keilmuan Hukum Progresif (Formasif) Fakultas Hukum Universitas Jember. Dalam perkembangannya diubah menjadi Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H FHUNEJ) sebagai lembaga keilmuan di bidang Hukum yang berkedudukan di lingkungan Fakultas Hukum UJ. Lembaga ini didirikan pada tanggal 10 November 2009. Atas komitmen tersebut telah menempatkan FK2H sebagai amanah yang perlu dikembangkan secara sinergis demi arah pembangunan mahasiswa.

Perkembangan kajian keilmuan ini adalah sebuah pemacu mahasiswa kembali pada "khittah"nya sebagai agent of change and social control yang diharapkan mampu memberikan kontribusi atas gagasan dan pemikirannya terhadap bangsa Indonesia.

Melalui kegiatan-kegiatan yang kami lakukan merupakan upaya membentuk insan akademis yang mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu pengetahuan hukum, sehingga mahasiswa dapat menentukan tempatnya di dunia ilmu pengetahuan. FK2H juga bertujuan menumbuhkembangkan pola pikir ilmiah pada anggota FK2H pada umumnya, serta menjadikan FK2H ebagai lembaga kajian yang responsif, proaktif dan dapat membentuk opini publik melalui kegiatan ilmiahnya.

1.2.      Visi dan Misi Organisasi

FK2H merupakan lembaga yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran ilmiah. Dalam pengembangan organisasi mempunyai isi dan misi yang tetap relevan dengan bidang ilmiah.

Visi :

Terwujudnya insan akademis yang aktif dalam ilmu pengetahuan terutama ilmu pengetahuan hukum.

Misi :

a.  Optimalisasi dan peningkatan pemahaman keilmuan dalam bidang penelitian hukum dan penalaran ilmiah.

b.Menjadikan FK2H sebagai lembaga kajian keilmuan yang responsif dan proaktif terhadap dinamika hukum.

 

1.3.      Bidang Pengembangan

Kegiatan FK2H dilakukan sebagai upaya pengembangan intelektual bagi para anggota, baik dalam kajian, penelitian maupun kewirausahaan. Terkait kajian ilmiah, diselenggarakan diskusi rutin dan debat hukum. Sedangkan dalam bidang penelitian dengan melaksanakan penelitian terkait permasalahan yang tengah terjadi serta legislative drafting.

Berdasarkan Peraturan Dasar FK2H, kegiatan di bagi ke dalam bidang-bidang antara lain:

a.    Bidang Kajian Ilmiah

b.   Bidang Penelitian

c.    Bidang Kewirausahaan

d.   Bidang Publikasi

e.    Bidang Keanggotaan

 

1.4.      Kepengurusan

FK2H dibentuk dan didirikan pada tahun 2009 oleh Muhammad Bahrul Ulum, Dizar Al Farizi, Ria Resti Dewanti dan Harizki Catur Novanto sebagai penggagasnya. Muhammad Bahrul Ulum menjadi Direktur Eksekutif FK2H yang pertama kali, setelah itu dilanjutkan oleh Muhammad Thoriq Fahri (2010-2011),kemudian dilanjutkan olehMuhammad Indra Kusumayudha (2011-2012)dan sekarang dilanjutkan oleh Sudarso sebagai Direktur Eksekutif periode (2012 – 2013).

Pembina dan pengurus FK2H FH UNEJ 2012-2013

Pembina Bidang Organisasi    : Dr. Aries Hariyanto, S.H.,M.H

Pembina Bidang Kajian           : Nuzulia Kumala Sari, S.H.,M.H

Direktur Eksekutif                   : Sudarso

Staf Khusus                             : M. Toriq Fahri

Anggota  Staf Khusus              :M. Indra Kusumayudha

Sekretaris Jenderal                  : Rizka Meisa

Bendahara Umum                   : Arey Lutfia Putri

 

Bidang Kajian Ilmiah

Manajer                                   : Syahrul Ramadhan

Anggota                                   : Fitri Annisa Corry

                                                  Gress Gustia Adrian Pah

                                                  Azizi Chidatullah        

Bidang Penelitian

Manajer                                   : Fenny Tria Yunita

Anggota                                   : Riska Anggraeni

                                                  Ario Montana

                                                  Amri Nur A.

 

Bidang Kewirausahaan

Manajer                                   : Winny Dwi Septian P.

Anggota                                   : Siti Nahdliyatul Imamah

                                                  Annisa Rahmah Hardiani

                                                  Elya Wahyuni

Bidang Keanggotaan

Manajer                                  : Bangun Adhi Prasojo

Anggota                                   : Ridwan Bayu Putra

                                                  Novia Nocia Putri

Bidang Publikasi

Manajer                                    : Rita Ristyanda Putri

Anggota                                   : Ria Nurika

                                                  Dewi Arofatin

 

1.5.      Rencana Strategis

FK2H merupakan lembaga yang berorientasi untuk masa kini dan masa depan sehingga dalam pelaksanaan organisasi mempunyai program strategis, antara lain:

  1. Membangun kualitas pribadi sebagai anggota yang jujur, amanah, konsisten, bijaksana, visioner, kreatif, inovatif dan berkiprah secara aktif sebagai pemimpin yang efektif dalam kegiatan organisasi.
  2. Membangun Anggota dengan wawasan berpikir yang luas dan komprehensif.
  3. Membangun Anggota yang berprestasi di bidang akademik, mampu memiliki IPK > 3,00.
  4. Membangun Anggota untuk mampu berkompetisi, baik dalam tingkat regional, nasional maupun internasional.
  5. Membangun anggota agar senantiasa memiliki perencanaan kehidupan yang matang dan konkrit untuk jangka pendek, menengah dan panjang.
  6. Membangun anggota agar mampu berkomunikasi dengan baik dan mempresentasikan pikiran dan gagasan secara verbal di hadapan publik.
  7. Mambangun anggota agar tetap berjiwa nasionalisme, memahami sejarah perkembangan kepemimpinan bangsa, peduli terhadap masalah dan tantangan yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan negara.
  8. Membangun anggota untuk memiliki pemahaman terhadap keragaman budaya.

 

 

1.6.      Prestasi Anggota

FK2H sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang baru dengan usia relatif muda telah mampu menorehkan prestasi baik di tingkat regional maupun nasional, berkesempatan mewakili FH UNEJ dalam seminar nasional antar perguruan tinggi serta meraih beasiswa bergengsi, antara lain:

1.   Juara I Lomba Debat Hukum Nasional FHUI Piala Padmo Wahjono dalam acara Sciencesational 2010 yang diselenggarakan Lembaga Kajian Keilmuan (LK2) FHUI. (Insyirah Kresnawati, Muhammad Bahrul Ulum dan Imron Rosadi).

2.   Juara I Lomba Karya Tulis Anugerah Mahkamah Konstitusi 2009. Muhammad Bahrul Ulum.

3.   Juara I Moot Court Competition Mahkamah Konstitusi (MCC MK) Regional IV. (Naila Rizqi Zakiah, Muhaimin Rahayu Firdausari, dan Ainul Yaqi Wahyu Suryawan).

4.   Juara I English Debate Competition, Jember University. Naila Rizqi Zakiah.

5.   Juara II Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember 2011. Muhammad Bahrul Ulum.

6.   Juara I lomba debat Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Jember ( M. Indra Kusumayudha, Gress gustia, Nayla rizqi)

7.   Juara II lomba debat Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Jember ( M. Toriq, Huda, Sadu Bagas)

8.   Juara Harapan II dan Naskah Karya Tulis Ilmiah terbaik pada Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Antar Mahasiswa (ATLAS) dalam acara Brawijaya Law Fair 2010 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FHUB. (Muhammad Bahrul Ulum, Ainul Yaqin dan Naila Rizqi Zakiah).

9.   Finalis Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Antar Mahasiswa (ATLAS) dalam acara Brawijaya Law Fair 2010 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FHUB. (Muhammad Toriq Fahri, Fakhrul Huda dan Gress Gustia Adrian Pah).

10.  Finalis Lomba Esai Justice fair, Universitas Indonesia. M. Bahrul ulum

11.  Finalis Lomba Debat Hukum Padjadjaran Law Fair 2011 FHUNPAD. (Muhammad Bahrul Ulum, Imron Rosadi, dan Muhammad Toriq Fahry)

12.  Finalis Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Antar Mahasiswa (ATLAS) BLF FHUB 2011. (Muhaimin Rahayu dan Syahrul Ramadhan)

13.  Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Sciencesational FHUI 2011. (Muhammad Bahrul Ulum, Syahrul Ramadhan, dan Norista Sofianti).

14.  Finalis Lomba Karya Tulis IPMHI 2011. (Muhammad Bahrul Ulum dan HArizki Catur Novanto)

15.  Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa FHUJ 2009. (Magfirotun Nisa & Astin Arini)

16.  Beasiswa Djarum 2009-2010 (Harizki Catur Novanto dan Muhaimin Rahayu).

17.  Perwakilan FHUJ dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember 2010-2011. (Harizki Catur Novanto dan Muhaimin Rahayu Firdausari).

18.  Juaran 1 Lomba Debat Hukum Nasional Padjajaran Law Fair 2012 Tribute to Prof. Sri Soemantri yang diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.

19.  Juara 1 Lomba Debat Mahkamah Konstitusi Regional II 2012 di Universitas Brawijaya Malang.

20.  Juara 1 dan 2 Lomba Constitutional Law Award (CLA) 2012 yang diadakan Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember.

21.  Juara 1 Lomba MCC Mahkamah Konstitusi Tingkat Regional pada tahun 2011.

22.  Juara 2 Lomba Karya Tulis Hindu Dharma  Indonesia.

23.  Juara Harapan 1 Lomba Debat Hukum Nasional yang dilaksanakan Oleh Universitas Tri Sakti Jakarta.

24.  Juara 4 Lomba Debat Mahkamah Konstitusi 2013di Gedung Pancasila,Cisarua Bogor.

25.  Juara 3Lomba Debat Ilmiah PPATKdi Kantor PPATK Jakarta.

26.  Juara 2 kategori Argumentasi tertulis Lomba Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN untuk Mahasiswa Hukum Berbagai Universitas di Indonesia yang diselenggarakan oleh KEMENLU RI.

27.  Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Universitas Jember.

28.  Lolos kompetisi Pekan Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Universitas Jember, dengan membentuk posko bantuan hukum (PUSBAKUM) yang dilaksanakan di daerah Jenggawa – Jember.

29.  Dll.

 

The Betst bookmaker bet365 Review
How to register at bookamkersHere