PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM (PDIH)

Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PDIH) merupakan salah satu unit kegiatan laboratorium hukum di Fakultas Hukum Universitas Jember. Pusat ini dibentuk untuk memberikan dan meningkatkan litersasi hukum baik kepada warga sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Jember pada khusunya maupun kepada masyarakat luas pada umumnya.

Visi dan Misi

Visi

“Menjadi pusat layanan dokumentasi dan informasi hukum yang profesional sehingga mudah diakses secara cepat dan memberikan manfaat.”

 

Misi:

  1. Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Jember yang mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi.
  2. Menyediakan dokumentasi dan informasi yang diperlukan dalam proses belajar mengajar di Fakultas Hukum Universitas Jember.

INFORMASI LAYANAN

Layanan berguna untuk apa saja?

  • untuk meningkatkan minat belajar dan baca melalui dokumentasi, informasi dan literatur hukum
  • untuk mendapatkan dan meningkatkan literasi hukum secara gratis, mudah, dan cepat.
  • untuk mendapatkan bahan hukum untuk kebutuhan penelitian.
  • untuk belajar meningkatkan kemapuan bahasa Inggris bidang hukum (Legal English/English for Law) secara mandiri.

 

Kapan bisa mengakses layanan ini?

Senin – Jum’at buka pukul 08.00 WIB dan tutup 14.00 WIB.

 

Apa saja layanan yang diberikan?

Ruang Baca, menyediakan:

  • Buku/literatur berbahasa Indonesia
  • Buku/literatur hukum berbahasa Inggris
  • Peraturan perundang-undangan
  • Jurnal berbahasa Indonesia
  • Jurnal berbahasa Inggris
  • Kamus hukum
  • Karya tulis ilmiah dosen dan mahasiswa

 

Pusat Belajar Bahasa Inggris Hukum Secara Mandiri (Self Access Legal English Learning Centre/SALELC).

SALELC merupakan fasilitas belajar bahasa Inggris bidang hukum (Legal English/English for Law) secara mandiri yang bisa diakes secara online. Fasilitas ini diperuntukkan kepada siapapun yang ingin belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bidang hukum.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, SALELC menyediakan materi belajar berikut:

Vocabulary

Vocabulary (kosa kata)adalah salah satu aspek penting dalam penguasaan bahasa, lebih-lebih dalam bahasa bidang hukum. Untuk menguasi kosa kata bahasa Inggris bidang hukum (Legal English vocabulary), pembelajar/pengguna SALELC dapat mengakses beberapa topik berikut:

 

Grammar

Selain vocabulary, grammar (tata bahasa) juga merupakan aspek penting lainnya untuk menguasai sebuah bahasa. Berikut topik dan link untuk mempelajari grammar.

 

Reading

Berikut beberapa topik yang bisa digunakan oleh pengguna SALELC dalam rangka meningkatkan ketramplian membaca (reading skill).

 

Listening

Bagian ini di desain untuk memberikan kesempatan kepada pengguna SALELC yang ingin meningkatkan keterampilan menyimak (listening skill). Untuk melakukan kegiatan ini, pengguna harus mengakses setiap topik yang diinginkan bersama audio filenya. Baca intruksi pada lembar topik dan dengarkan rekaman suara pada audio file.

 

Speaking

Speaking (bicara) merupakan salah satu ketrampilan berbahasa (language skill) yang harus dikuasai oleh setiap orang. Sehunungan dengan ini, bagian ini difokuskan kemampuan berpresentasi dalam bahaasa Inggris. Berikut materi belajar yang bisa diakses oleh pengguna SALELC.