Pendidikan tinggi hukum tidak hanya mengemban amanah menghasilkan cendekia yang menguasai ilmu hukum semata, melainkan juga cendekia yang mampu menggunakan ilmunya untuk mengabdi pada praktik kemanusiaan dilengkapi dengan integritas yaitu semangat mengabdi bagi bangsa dan negaranya.

Dr. Bayu Dwi Anggono
Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember

Selamat datang di Fakultas Hukum Universitas Jember

Fakultas Hukum Universitas Jember adalah salah satu fakultas hukum terkemuka di Indonesia yang berdiri sejak 10 November 1964. Kami memilki berbagai program studi mulai dari ilmu hukum (S1), magister ilmu hukum (S2), magister ilmu kenotariatan (S2) dan doktor ilmu hukum (S3).

Berbagai program studi diampu oleh tenaga pengajar dengan pengalaman yang luas yang merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Pembelajaran dikembangkan untuk memperkuat dasar akademik dengan mempersiapkan keterampilan praktik untuk merespon kebutuhan perkembangan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Lulusan FH UNEJ telah tersebar di berbagai ragam profesi hukum baik sebagai hakim, jaksa, advokat, notaris, pegawai di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah, anggota parlemen, perancang peraturan perundang-undangan, arbiter, paralegal, jurnalis, ahli hukum di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional, pekerja kemanusian di Non Government Organization (NGO).

Pola pengajaran di Fakultas Hukum UNEJ didasarkan pada kurikulum yang adaptif dan dilaksanakan secara kolaboratif dan inovatif dengan melibatkan praktisi mengajar di kampus. Harapannya, mahasiswa dapat berinteraksi lebih intens dengan beragam ide baru, dan memperdebatkan perspektif yang berbeda. Karena, kami tidak terbatas untuk menghasilkan cendekia hukum. Kami bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang bisa sukses pada profesi apapun yang mereka pilih.

Kami juga menyelenggarakan berbagai kegiatan baik di dalam maupun luar kampus yang dapat menunjang pendidikan dan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan terhadap persaingan global. Selama ini kuantitas dan kualitas penelitian oleh dosen dengan mengikutsertakan mahasiswa hasilnya telah mendapat rekognisi nasional dan internasional. Ditambah lagi, selama ini berbagau prestasi dalam berbagai kompetisi nasional maupun internasional yang terkait dengan bidang akademik maupun non akademik telah diraih oleh para mahasiswa.

Kami juga menjalin berbagai kerja sama dan kemitraan baik di tingkat nasional dengan lembaga seperti perguruan tinggi lain, lembaga pemerintah, dunia usaha, organisasi nirlaba, lembaga riset nasional maupun dengan lembaga internasional seperti perguruan tinggi asing, organisasi nirlaba internasional, institusi/organisasi multilateral, lembaga riset internasional. Semuanya itu ditunjang dengan manajemen dan/atau tata kelola fakultas yang bermutu berbasiskan teknologi informasi yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Untuk itu mari bergabung bersama kami Fakultas Hukum Universitas Jember untuk mengabdi bagi negeri.

Kampus Merdeka: dari Universitas Jember untuk Indonesia Jaya.