Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Hukum Universitas Jember merupakan tindak lanjut dari Renstra Universitas Jember, terdiri atas kebijakan strategis di tingkat fakultas sehingga dapat ditindaklanjuti secara lebih teknis. Kebijakan yang dirumuskan dalam RENSTRA ini didasarkan pada faktor kekuatan dan kelemahan faktor internal serta peluang dan ancaman faktor eksternal. Disamping itu ditinjau dari hal-hal teknis tentang fenomena proses pendidikan hukum, kebutuhan SDM, dan sistem informasi yang diperlukan.

Melimpahnya sumber daya alam dan murahnya tenaga kerja bukan lagi menjadi faktor utama yang dapat menopang keunggulan bangsa. Keunggulan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologilah yang kini menjadi faktor penentu dalam persaingan antar bangsa yang semakin mengglobal. Tiga pilar yang menjadi perhatian dalam pembangunan pendidikan di Indonesia adalah: (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan; (2) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; serta (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Ketiga pilar ini diyakini akan menjadi arah strategis dalam pembangunan pendidikan tinggi, dan secara bertahap dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing bangsa.

Strategi yang dipakai secara umum mengikuti arah pengembangan Universitas Jember dan secara khusus mengacu pada kebijakan di dunia pendidikan hukum baik di tingkat nasional maupun Asia Tenggara. Ada beberapa hal yang menjadi titik berat perumusan RENSTRA ini, yaitu peningkatan mutu pada seluruh unsur kegiatan belajar mengajar yang meliputi:
1. Peningkatan mutu mahasiswa yang diterima
2. Peningkatan mutu staf akademik dan staf pendukung
3. Peningkatan mutu proses pendidikan
4. Peningkatan mutu manajemen pendidikan
5. Peningkatan mutu lulusan
6. Penjamin mutu akademik dan manajemen akademik

Renstra ini disusun agar dapat dijadikan panduan dalam merumuskan perencanaan kinerja, program dan kegiatan tahunan di Fakultas Hukum Universitas Jember selama lima tahun ke depan 2016–2020 sehingga diharapkan dapat diperoleh kinerja dan hasil yang optimal.

Dekan,

.
Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H.
NIP 19740922 199903 1 003

Download Renstra FH UNEJ