website: alsalcuj.or.id

ALSA LC UJ

Awal terbenuknya ASEAN LAW STUDENT’S ASSOCIATION (ALSA) adalah organisasi mahasiswa hukum pada tingkat ASEAN. Ide awal terbentuknya ALSA dicetuskan pada berlangsungnya konferensi Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) II pada tanggal 21-24 September 1987 di Makassar pada waktu itu hanya ada 5 Universitas yaitu :

  1. Universitas Padjajaran
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Indonesia

Setelah itu tercetus ide terbentuknya ALSA ini sebagai wadah organisasi mahasiswa hukum se-ASEAN adalah Negara Indonesia, philipina, Singapura, Malaysia dan Thailand.

Pada tanggal 23 oktober 2003 di Bangkok, Thailand penggunaan nama ASEAN diganti menjadi ASIAN LAW STUDENT’S ASSOCIATION. Penggunaan nama tersebut di Tingkat Nasional harus melewati penetapan yakni MUNAS (Musyawarah Nasional) yang pada waktu itu yang mnjadi tuan rumah adalah universitas Jember.

Di Indonesia sendiri terdapat 13Universitas Negeri anatara lain:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Padjajaran
  4. Universitas Gadjah mada
  5. Universitas Jendral Soedirman
  6. Universitas Airlangga
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universitas Syah Kuala
  9. Universitas Jember
  10. Universitas Sam RatuLangi
  11. Universitas Sriwijaya
  12. Universitas Hassanudin
  13. Universitas udayana
  14. Universitas Andalas

ALSA LC Universitas Jember didirikan pada tanggal 23 Maret 2000, yang nama didirikan oleh mas Fendy A, mas Maliki, mas Taufik. ALSA LC Universitas Jember ini juga merupakan salah satu unit kegiatan Mahasiswa Fakultas Hukum.

ALSA mempunyai Visi dan Misi. Yang mana dari visi itu adalah berusaha untuk terus menerus menjadi wadah bagi mahasiswa hukum dalam mengembangkan kajian keilmuan hukum, mengembangkan potensi anggota dan meningkatkan kualitas organisasi, menjalin hubungan erat dan harmonis baik secara nasional maupun internasional khususnya wilayah Asia, serta memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

Sedangkan misi ALSA adalah mengembangkan kajian keilmuan terutama di bidang hukum, mengoptimalkan usaha-usaha pengembangan sumber daya manusia baik secara kualitas maupun kuantitas, mengembangkan jaringan kerjasama yang baik dalam ruang nasional maupun internasional khususnya ASIA atas dasar prinsip persamaan dan saling menghargai, berusaha menggali dan mengembangkan potensi yang ada untuk mengantisipasi segala hambatan dan menghadapi tantangan, senantiasa berperan aktif dan berusaha menumbuhkan kepedulian terhadap permasalahan- permasalahan yang ada dalam masyarakat, bangsa dan Negara serta berusaha mencari pemecahannya.

Prestasi yang pernah di raih yaitu mendapat penghargaan berupa pemberkasan terbaik dalam kompetisi NMCC (peradilansemu tingkatnasional)tahun 2003 . ALSA LC UNEJsendiripernah menjadi host event nasional sebanyak 3 kali:

  • Pada tahun 2002 ALSA LC UNEJ menjadi host dalam kegiatan Nasional Moot Court Competition,
  • Tahun 2005 ALSA LC UNEJ menjadi host dalam SEMINAR dan  MUSYAWARAH NASIONAL XII, yang mana pada saat itu terjadi pergantian nama ASEAN LAW STUDENTS’ ASSOCIATION diubah menjadi ASIAN LAW STUDENTS’ ASSOCIATION (ALSA) dan resmi digunakan di tingkat nasional.
  •  Tahun 2010 ALSA LC UNEJ menjadi Host dalam SEMINAR dan MUSYAWARAH NASIONAL XVII.

Pada MUSYAWARAH LOKAL X periode 2011-2012 terjadi pergantian nama ALSA LC UNEJ diubah menjadi ALSA LC UJ dan resmi digunakansesuai dengan keputusan AD ART.

Demikian latar belakang sejarah berdirinya ALSA LC UNIVERSITAS JEMBER

ALSA ALWAYS BE ONE!