Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ) adalah fakultas pertama di bawah Universitas Jember dan merupakan salah satu fakultas hukum terdepan di Indonesia, terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Hingga kini, Fakultas Hukum Universitas Jember terus berupaya menghasilkan praktisi hukum serta ilmuwan hukum yang handal di tengah perkembangan situasi global dan cepatnya kemajuan ilmu pengetahuan.

FH UNEJ merupakan rujukan para calon mahasiswa terbaik dari beragam latar belakang sosial, budaya, etnis dan agama dari seluruh wilayah Indonesia dan beberapa dari negara ASEAN. Para mahasiswa yang lulus dari FH UNEJ bekerja pada lingkup profesi hukum, baik sebagai advokat, hakim, jaksa, notaris, pegawai instansi pemerintahan maupun konsultan hukum ternama, yang beberapa di antaranya juga memilih menekuni bidang akademik sebagai dosen.

FH UNEJ mengembangkan pendekatan holistik dalam memahami hukum dan keadilan yang diformulasikan dalam kurikulum program studi. Program studi pada FH UNEJ terdiri atas program Sarjana Hukum (S1 Ilmu Hukum), Magister Hukum (S2 Ilmu Hukum), Magister Kenotariatan (S2 Kenotariatan) dan Doktor Ilmu Hukum (S3 Ilmu Hukum).