Bawa Pulang Piala Juara 1, FH Unej Juara Nasional KTI Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej) Kembali mengharumkan nama FH Unej di kancah Nasional. Tiga orang: . Maulana Reyza Alfaris, Muhammad Waliyam Mursida,  Moch. Irfan Dwi Syahroni  yang tergabung dalam satu tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) berhasil membawa pulang piala juara satu dan piala bergilir lomba KTI tingkat mahasiswa se Indonesia dalam acara Constitutional Law Festival (CLFEST) 2018 di Universitas Brawijaya Malang.

CLFEST yang merupakan ajang silaturahmi para cendekiawan hukum tersebut merupakan kegiatan rutin dua tahunan dengan peserta  mahasiswa hukum se Indonesia. Tim FH UNEJ berhasil membawa piala bergilir setelah mengungguli 9 tim finalis yang lain. Tahun ini CLFEST mengangkat tema “   Eksistensi Mahkamah Konstitusi (MK) Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia”, sedangkan tim FH Unej mengerucutkannya dengan judul tulisan “ Analisis Persyaratan Kriteria Hakim Konstitusi Pasal 15 ayat (1): Studi Perbandingan Indonesia, Taiwan dan Afrika Selatan”.

Waliyam, saat dihubungi melalui whatsappnya mengaku mendapat banyak ilmu dari kegiatan ini. “ Kita banyak sekali belajar mendalam mengenai Mahkamah Konstitusi Indonesia sampai proses rekrutmen hakim konstitusi yang menurut kami kurang pas untuk diaplikasikan saat ini dan di acara ini kami juga dipertemukan langsung dengan orang yang ada di mahkamah konstitusi maupun calon hakim konstitusi yang akan mendaftar, sehingga kami mendengar banyak cerita mengenai eksistensi MK”, katanya.

Mahasiswa angkatan 2017 itu menjelaskan bahwa  point tulisannya adalah menguak perbandingan antara MK yang ada di Indonesia, Taiwan dan Afrika Selatan.  Menurut analisa tim,  kriteria calon hakim yang ada dalam pasal 15 ayat 1 masih cukup abstrak untuk diterpakan. Sehingga melalui tulisannya,  ada beberapa solusi mengenai cakupan kriteria yang seharusnya diterapkan.

Melalui status pendeknya di  Facebook , Dr. Nurul Ghufron, S.H.M.H Menyampaikan terimakasih dan rasa bangganya kepada anggota tim. Dekan FH Unej itu menuliskan “Terimakasih anak2 ku …kalian membanggakan ! Selamat kepada Waliyam, Maulana dan Irfan.
Tim karya Tulis LKTI FH UNEJ menjuarai Constitusional Law Festival 2018 Kerjasama MK dan UB”

Selamat kepada para juara, Jangan berhenti untuk terus berprestasi. Terimakasih tidak lupa diucapkan kepada bapak Bahrul Ulum, S.H., LLM yang sekarang sedang mengikuti short course di Jepang, selaku pembimbing dalam penulisan karya ini. Selamat !

Reporter: Walliam

Editor: Amir El Huda