FH UNEJ: Turnitin Akan Hajar Plagiarisme

 

Jember, (13/09) – Teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan bermanfaat di segala bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, semakin canggih dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh para akademisi untuk menunjang kegiatan akademiknya. Salah satunya aplikasi yang bernama Turnitin, yaitu aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat pemeriksa keotentikan sebuah karya tulis ilmiah sehingga dapat mencegah terjadinya plagiarisme. Aplikasi turnitin bisa mengidentifikasi berapa persen jumlah plagiasi yang ada dalam sebuah tulisan sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa sebuah tulisan dikatakan plagiat ataukah tidak.

Hadirnya aplikasi turnitin disambut baik oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ). Terbukti dengan dibentuknya satgas anti plagiarisme yang bertugas meguji keaslian sebuah tulisan, juga diadakannya kegiatan sosialisasi penggunaan turnitin di lingkungan FH UNEJ dengan tema “Pelatihan Penggunaan Turnitin untuk Skripsi” yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna FH UNEJ. Sosialisasi dan pelatihan ini menghadirkan Al Khonif, S.H., M.H., Ph.D. dan Rosita Indrayati, S.H., M.H. sebagai pemateri, dan pesertanya adalah para mahasiswa tingkat akhir yang sedang menempuh skripsi.

Pelatihan diadakan untuk mencegah terjadinya plagiarisme yang sangat mungkin  terjadi pada penulisan karya tulis ilmiah.  Al Khonif, S.H., M.H., Ph.D. mengatakan bahwa dalam penulisan karya tulis di bidang ilmu hokum, sangat mustahil jika tidak terdapat indikasi plagiarisme dalam sebuah karya tulis, karena dalam dunia hukum pasti terdapat kutipan pasal-pasal yang telah berlaku secara umum dan diketahui oleh semua orang. Hal yang demikian sudah pasti terindikasi 100% plagiarisme.

Dosen FH UNEJ yang energik  itupun memberikan tips supaya para mahasiswa yang akan membuat karya tulis dapat terhindar dari deteksi  plagiarisme  oleh turnitin dengan cara tidak menulis isi pasal-pasal secara utuh, namun cukup dituliskan nomor pasal dan menguraikan substansi pasal.  Direktur CHRM Universitas Jember itu juga memberikan pencerahan bagi mahasiswa supaya menulis dahulu semua ide-ide yang ada dalam pikiran, kemudian nanti akan akan dibimbing bagaimana cara untuk memenuhi standar penulisan yang baik.

 

Reporter : Andika MSP

Editor : Amir El Huda