FH UNEJ: Bersinergi Menangkal Radikalisasi

Jember,(23/08)- program deradikalisasi yang di gagas pemerintah indonesia di sambut hangat oleh para akademisi Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ). Terbukti dengan diadakannya seminar nasional “Deradikalisasi terhadap narapidana teroris &violent extremist” pada kamis,23 agustus 2018. Yang bertempat di gedung serbaguna FH UNEJ  yang di hadiri para mahasiswa, praktisi hukum dan juga masyarakat yang mendukung program deradikalisasi. Seminar ini diadakan karena semakin maraknya kasus terorisme di Indonesia yang memecah persatuan dan kesatuan bangsa indonesia

Seminar ini juga menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya, salah satunya adalah dosen hukum pidana fakultas hukum universitas jember I Gede Widhiana Suarda, SH., M.hum., Ph.D. Ia menyampaikan bahwa reformasi hukum seyogyanya ditetapkan satu lembaga yang memiliki tanggung jawaab utama dalam mengimplementasikan program deradikalisasi di lapas. Harapannya para mahasiswa yang juga sebagai generasi penerus bangsa harus mampu memikirkan bagaimana reformasi hukum yang baik.

DR. Nurul Ghufron, S.H.,M.H. menambahkan dalam sambutannya bahwa seminar ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa mereka adalah sasaran utama dan potensial untuk dimasuki radikalisme. Dekan FH UNEJ itu pun mengatakan bahwa masa depan Indonesia ada di tangan mahasiswa. Intoleran adalah pemecah bangsa, karena itu mahasiswa Indonesia harus solid dan bersatu.

 

Reporter: Annisa

Editor: Amir El Huda