FH Unej Sepakati Kerjasama Akademik dengan Erasmus School of law, dan Leiden Law School

Fakutas Hukum Universitas Jember mengadakan kerjasama akademik dengan dua fakultas hukum di Belanda, yaitu Erasmus School of law, dan Leiden Law School. Kerjasama ini merupakan hasil dari lawatan Dr. Nurul Ghufron, dekan FH Unej dan Dr. Aries Harianto, Wakil Dekan 3 FH Unej, bersama dengan BKS Dekan FH se Indonesia di negeri kincir angin tersebut.

Pejalanan dinas dengan tema “working itinerary” yang berlangsung dari tanggal 10-18 Mei 2018 itu menghasilkan setidaknya tiga kerangka kerjasama, yaitu:  penelitian, pertukaran pelajar, dan studi lanjutan.


Dr Nurul hufron dan Prof.dr. Joanne van der Leun, Professor of Criminology, Dean of Leiden Law School, Leiden University

Pada kesempatan tersebut dibicarakan juga perkembangan hukum secara internasional dengan sejumlah pakar. Kerja sama dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan riset bersama, dan kerja sama bidang lainnya yang saling menguatkan dan menguntungkan.

Universitas Erasmus ini merupakan salah satu universitas terkemuka di Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1913 dengan nama Nederlandsche Handels-Hoogeschool pada tahun 1973 berubah nama menjadi Universitas Erasmus dengan mengambil nama Desiderius Erasmus yang merupakan seorang tokoh humanis Rotterdam.

Salah satu proklamator Indonesia yaitu Bung Hatta, dan beberapa tokoh Indonesia lainnya seperti Radius Prawiro dan Kwik Kian Gie adalah alumni dari Universitas Erasmus. Sedangkan Universitas Leiden adalah universitas tertua di Belanda. Terletak di Leiden dan didirikan pada tahun 1575 oleh Raja Belanda pada saat itu yaitu Pangeran Willem van Oranje, universitas negeri ini dikenal sebagai universitas riset yang terkemuka di dunia.

Semoga bermanfaat dan menguntungkan kedua pihak.