FH Unej Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan Interview Kerja

AKH. Muwafik Saleh. Pemateri yang juga dosen di Unv Brawijaya Malang

Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej) tidak kehabisan ide untuk membekali mahasiswanya dengan berbagai keahlian yang akan bermanfaat selepas mereka menjadi alumni. Kali ini, FH Unej mendatangkan dua trainer yang sudah pakar dalam memberikan pelatihan kepada para tenaga kerja dan calon tenaga kerja. Dua trainer tersebut adalah Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos., M.Si dan Ilhamuddin Nukman, S.Psi., MA.

Acara yang diadakan pada tanggal 26 Maret 2018 tersebut dibuka dengan basmalah oleh Dr. Nurul Ghufron, dekan FH Unej, dan disambut antusias oleh para peserta yang terdiri dari mahasiswa FH Unej dan mahasiswa di luar mahasiswa FH Unej. Pemateri memberikan tips dan trik yang perlu dipersiapkan oleh calon pelamar kerja agar bisa lolos dalam seleksi penyaringan tenaga kerja.

Akhmad Muwafik menjelaskan bahwa mahasiswa perlu mempersiapkan dirinya sedini mungkin untuk memasuki dunia kerja. Persiapan yang berkaitan dengan pemberkasan dan interview harus disiapkan jauh-jauh hari supaya lebih matang dan bisa mengooreksi segala kekurangan.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa curriculum vitee merupakan hal yang harus benar-benar matang dipersiapkan, karena dari curriculum vitee itulah pewawancara mengetahui gambaran tentang calon tenaga kerja yang akan diinterviewnya.

Sementara itu Ilhamuddin menjelaskan dan membahas tentang perilaku, karakter, dan etika yang harus dipersiapkan dan dimiliki oleh calon tenaga kerja, juga hal-hal yang bisa menyebabkan ketertarikan pewawancara kepada calon tenaga kerja yang diwawancarainya.

Acara yang diorganisir oleh UKM Bahana Justisia tersebut berlangsung meriah dan diikuti dengan antusias oleh peserta, kemudian ditutup dengan tanya jawab antara peserta dengan pemateri.