Alsa Bazzar : Berjualan Untuk Menambah Keuangan dan Pengalaman !

Asian Law Student Association (ALSA), Sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Fakultas Hukum Universitas Jember yang sudah eksis sejak tahun 2000, sampai saat ini, telah banyak melaksanakan kegiatan yang tidak hanya mengandalkan dana dari fakultas, melainkan juga  dengan hasil yang didapatkan dari usaha mandiri organisasi.

Divisi Fundraising ALSA LC UJ melakukan  berbagai macam cara untuk memgumpulkan dana yang berguna untuk peaksanaan setiap kegiatan ALSA.

Seperti yang tampak pada car freeday tanggal  4 Maret 2018 di Alun-Alun Jember, anggota divisi Fundraising ALSA LC UJ melaksanakan ALSA BAZZAR dengan target pasarnya adalah masyarakat umum yang sedang melaksanakan car freeday. Pada kesempatan itu, tim ALSA  menjual puding, banana nugget, serta  menjual baju-baju layak pakai yang dikumpulkan dari  member ALSA LC UJ untuk dijual kembali.

Foto bersama tim fundraising ALSA UNEJ

Kegiatan semacam ini dilaksanakan secara berkala:  triwulan, bulanan, maupun mingguan. Berbagai kegiatan pemasaran dan penjualan dilakukan dengan modal ilmu marketing yang dipelajari dan diterapkan di lapangan sebagai pembelajaran tambahan diluar jam kuliah.

Tanthi, mahasiswi angkatan 2015 yang ikut berjualan mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu. Katanya, ” (kegiatan) ini sangat membantu dalam hal pendanaan, untuk lancarnya perputaran roda Organisasi kami”.

Mahasiswi lincah yang mengambil kekhususan hukum perdata dan waris itu  mengatakan bahwa usaha organisasi untuk mandiri dilakukan dari hal kecil, seperti menjual kebutuhan pokok teman-teman sekitar, menjual makanan atau minuman ringan di kampus dan di tempat umum, menjual menchandise atau kebutuhan mahasiswa seperti tempat pensil, binder, dompet dll, hingga menjual kebutuhan pokok lainnya seperti baju dan kaos. Lanjutnya, “ide ini sangat menguntungkan bagi organisasi kami
berawal dari modal Rp. 0,- kita bisa mendanai kegiatan dan menambah ilmu berniaga”.

Semangat kawan-kawan, hanya para pejuang yang mengerti arti sebuah perjuangan. Always be One !