Selamat Datang Fingerprint, Selamat Tinggal Presensi Manual

Manfaat Presensi Sidik jari

Menyambut semester genap tahun ajaran 2017/2018, Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej)memberikan pelayanan akademik baru bagi mahasiswa, yaitu dengan menghadirkan mesin presensi  sidik jari yang akrab disebut dengan fingerprint.

Fingerprint yang dihadirkan untuk menemani proses perkuliahan ini, selain sebagai upaya untuk mengefisiensikan model presensi manual yang sudah sangat lama digunakan,  juga upaya untuk meningkatkan kwalitas keilmuan hukum mahasiswa, karena mahasiswa didorong untuk lebih rajin menghadiri perkuliahan. Dengan adanya alat ini diharapkan mahasiswa benar-benar hadir dalam kelas perkuliahan, bukan hanya hadir tandatangannya di presensi saja, sementara badan atau fisiknya tidak ada.

Alat perekam sidik jari ini tidak  berlaku untuk mahasiswa saja, namun juga berlaku untuk dosen pengajar. Sebagai mana mahasiswa, dosen juga diwajibkan melakukan fingerprint sebanyak dua kali di setiap jam mengajar yang menjadi tanggungjawabnya, yaitu sebelum dimulainya jam perkuliahan, dan setelah usainya jam perkulihan. Dosen juga wajib datang ke kelas tepat waktu, dan tidak bisa mengganti-ganti jam kuliah ke waktu dan hari lain, karena fingerprint hanya berlaku di hari dan waktu yang sudah ditentukan.

Jadwal perekaman sidik jari

Sebagai langkah awal dari pemberlakuan presensi sidik jari, maka mahasiswa fakultas hukum perlulah untuk merekamkan sidik jarinya pada hari-hari yang sudah ditentukan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa angkatan 2011, 2012 dan 2013, pada tanggal 12 Pebruari 2018
  2. Mahasiswa angkatan 2014, dan 2015, pada tanggal 13-15 Pebruari 2018
  3. Mahasiswa angkatan 2016, pada tanggal 19-20- Pebruari 2018
  4. Mahasiswa angkatan 2017, pada tanggal 21-22 Pebruari 2018

Kegiatan perekaman sidik jari dilakukan di ruang peradilan semu Fakultas Hukum Universitas Jember (lantai tiga gedung dekanat), dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Hasil perekaman sidik jari ini nantinya akan dikaitkan dengan sister , karenanya mahasiswa yang tidak melakukan perekaman sidik jari, maka pemrograman KRSnya akan ditangguhkan dan tidak bisa disetujui oleh dosen pembimbing.

 

Jadwal perekaman fingerprint atau sidik jari mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Semoga alat ini bisa memudahkan lembaga pendidikan dalam upaya mendidik civitas akademik  di lingkungan FH Unej menjadi insan yang  jujur, profesional, disiplin, dan bertanggungjawab. Sebagaimana diketahui bahwa universitas, juga fakultas bukan hanya lembaga pengajaran , namun juga merupakan lembaga pendidikan.