APHTN-HAN Rapatkan Barisan dan Siap Jawab Persoalan Ketatanegaraan

Empat orang dosen Fakultas Hukum Universitas Jember mengikuti Rapat Kerja Pengurus Daerah Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) di Badan Diklat Bank Jatim, Prigen. Mereka yang hadir dalam acara yang  diselenggarakan pada tanggal 27 sampai dengan  28 Januari 2018 tersebut adalah Dr. Aries Harianto, S.H., M.Hum , Dr. Jayus, S.H., M.Hum, Rr. Rini Anggraeni, S.H., M.H., dan Adam Muhshi S.H., S.AP., M.H.

Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah APHTN-HAN  Jawa Timur  itu dihadiri juga oleh Prof. Dr. Moh. Mahfud MD selaku ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APHTN-HAN,  Dr. Himawan Estu Bagijo, S.H., MH., sekjen DPP HTN HAN, Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.Hum., sbg ketua  APHTN HAN Jatim, beserta para pengurus APHTN-HAN Jatim yang berasal dari kampus-kampus di Jawa Timur.

Merancang rencana strategis APHTN-HAN kedepannya

Adam Muhshi, Salah satu pengurus bidang Hak Asasi Manusia APHTN-HAN Jawa Timur mengatakan bahwa APHTN-HAN sangat penting keberadaannya dalam membuka ruang bagi para pengajar HTN dan HAN sebagai rekan sejawat sekeilmuan untuk saling bertukar pemikiran, gagasan, metode pengajaran,dan silabus rumpun mata kuliah HTN dan HAN.  “Melalui forum diskusi rekan sejawat sekeilmuan tersebut, tentu saja akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan hukum khususnya dalam rumpun mata kuliah HTN dan HAN di Indonesia ”, tutur Adam.

Dosen pada jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember tersebut juga mengatakan bahwa APHTN-HAN penting keberadaannya untuk  merespon, mengawal, dan menjawab persoalan-persoalan hukum ketatanegaraan di Indonesia.

Dosen FH Unej berpose bersama Prof Mahfud MD

Beberapa program kerja yang digagas diantaranya adalah melakukan penerbitan buku hasil kompilasi tulisan pengurus /anggota APHTN-HAN Jatim, penerbitan Jurnal Asosiasi APHTN-HAN Jatim, bekerja sama dengan KPUD dalam melakukan sosialisasi tentang Pilkada Serentak 2018 dan Pileg-Pilpres Serentak 2019, mengadakan lokakarya penyusunan kurikulum rumpun mata kuliah HTN HAN, serta mengadakan lokakarya penyusunan Buku Ajar Ilmu Negara, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Acara TUN, dan Hukum Acara MK. Adapun salah satu rekomendasi yang digagas adalah mendorong dan mengawal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pileg-Pilpres Serentak 2019 secara demokratis, damai dan bermartabat guna menghasilkan pemimpin nasional dan daerah yang kapabel dan berintegritas.