Secercah Harapan di Hari Pelantikan Pengurus HMB dan UKM FH Unej Periode 2018-2019

Sambutan Dekan FH Unej di hadapan para pengurus organisasi mahasiswa di lingkungan FH Unej yang baru dilantik

Lantai tiga gedung dekanat Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej), tepatnya ruang praktik peradilan semu FH Unej dipenuhi oleh mahasiswa. Kendati pun hari Sabtu dan masih dalam jadwal libur semaster, namun wajah-wajah itu sumringah, mata bersinar-sinar, serta mulut tersenyum lebar menyambut pagi 20 Januari 2018 untuk dilantik sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Bagian dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Ini merupakan pelantikan pertama Himpunan Mahasiwa Bagian (HMB)  dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan FH Unej yang dilakukan bersama-sama. Pengurus dari Empat belas organisasi mahasiswa internal fakultas hukum, yang terdiri dari empat HMB dan sepuluh UKM disumpah oleh dekan FH Unej secara bersama-sama.

Harapan Dosen

Dr. Aries Hariyanto, S.H., M.H  dalam pidatonya menegaskan bahwa semua mahasiswa yang berada di dalam ruangan tersebut adalah manusia-manusia pilihan yang terpilih dan diberi kepercayaan oleh mahasiswa sejawatnya untuk mengelola organisasi mahasiswa internal FH Unej.

Dr. Aries memberikan pengantar supaya mahasiswa tenang, tidak tegang menjalankan ganisasinya

Wakil Dekan III FH Unej tersebut menambahkan bahwa ruangan atau kantor yang ditempatinya sekarang merupakan ruangan seluruh mahasiswa FH Unej. Secara pribadi ia mengatakan slalu terbuka kepada mahasiswa yang ingin berdiskusi dan berkonsultasi apa saja, tidak hanya mengenai aktifitas kemahasiswaan di kampus, melainkan juga segala hal yang ingin diutarakan oleh mahasiswa: apa saja,  sebelumnya bahkan banyak mahasiswa yang curhat dan meminta solusi soal urusan asmara mereka.

Dosen energik dan lincah itu berpesan agar para pengurus organisasi jangan terlalu tegang dalam menjalankan mesin organisasi. “dibawa santai saja”, katanya, bekerja dengan santai namun tetap  penuh tanggung jawab.

Masih di forum yang sama,  DR Nurul Ghufron, S.H, M.H menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kwalitas fakultas memerlukan kerjasama yang baik antar sivitas akademik. Dosen, mahasiswa dan semuanya harus bahu membahu untuk memajukan fakultas. Ia menyebutkan bahwa fakultas akan berusaha maksimal memfasilitasi hal-hal yang bisa menunjang peningkatan kwalitas dan skill mahasiswa. Ia memastikan, fakultas akan mendukung semua kgiatan mahasiswa FH Unej di lingkup nasional, terutama yang bisa menunjang nilai akreditasi fakultas, karena untuk saat ini fakultas berfokus pada target peningkatan akreditasi.

Dekan FH Unej tersebut berpesan, selain memperdalam keilmuan hukum, mahasiswa juga harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan belajar  tentang ilmu Information and Technologi (IT). Bukan hanya karena ketiganya merupakan keilmuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan di era globalisasi dan juga dunia kerja saat ini, namun juga bagi mahasiswa yang bercita-cita  berkarir di FH Unej, khususnya menjadi dosen, harus mempunyai nilai bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai TOEFL minimal 500.

Harapan Mahasiswa

            Ada yang baru di tubuh HMB FH Unej, yaitu hadirnya satu wajah HMB baru yang siap menemani tiga HMB yang sudah berproses terlebih dahulu, yaitu: Civil Law Communiti (CLC) yaitu himpunan mahasiswa yang mengambil keilmuan kekhususan di bidang hukum perdata, Criminal Law Student Association (CLSA) yaitu himpunan mahasiswa yang mengambil kekhususan bidang keilmuan hukum pidana, dan Ikatan Mahasiswa Hukum Tata Negara (IMA HTN). HMB baru yang dimaksud adalah  Association Basic Law College Students (ABLC) yaitu himpunan mahasiswa yang mengambil keilmuan kekhususan  di bidang Ilmu Hukum Dasar (IHD).

Pasca berlangsungnya pelantikan, dua orang perwakilan dari empat belas organisasi mahasiswa tersebut diwawancarai. Rizkulloh Cahyanan Putra, ketua ABLC menyebutkan bahwa untuk tahun ini organisasinya akan berfokus pada promosi pengenalan organisasi baru ini kepada mahasiswa di FH Unej. “Hal yang paling menghawatirkan dari jurusan baru adalah kurangnya peminat dari adik-adik angkatan, sehingga dapat mengganggu proses perkuliahan kami dikarenakan kurangnya jumlah mahasiswa saat menempuh mata kuliah kekhususan”, katanya menyampaikan keresahan.

Rizkulloh yang biasa disapa Rizki berharap agar fakultas memberikan support kepada semua program kerja  yang telah diprogramkan organisasinya. Ia menyampaikan bahwa masukan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh oraganisasinya yang notabene merupakan organisasi yang baru .

Ketua-ketua HMB dan UKM di FH Unej
Perfotoan para ketua HMB dan UKM di lingkungan FH Unej bersama Dekan dan Wakil Dekan.

Sementara Itu Fahmi Ramadhan Firdaus yang biasa dipanggil Fahmi, ketua IMA HTN FH Unej mengatakan bahwa kedepannya IMA HTN berkeinginan untuk menyelenggarakan kegiatan akademis seperti seminar nasional, dan diskusi tentang isu hukum terkini untuk meningkatkan kapasitas keilmuan anggota IMA HTN, dan meningkatkan kredibilitas Fakultas Hukum Universitas Jember.

Mahasiswa berkumis tebal ini mengatakan “kami berharap  bisa bersinergi bersama HMB lainnya dalam menyelenggakan kegiatan untuk bisa membantu pengembangan fakultas”. Lanjutnya, “Dengan adanya beberapa kegiatan (yang dilakukan bersama), semoga bisa merekatkan hubungan antar HMB.

Selamat bekerja untuk para pengurus organisasi yang baru saja dilantik. “Jangan tegang karena ini awal pelantikan anda, tersenyumlah, bukan untuk pak Aries, bukan pula untuk anggota di organisasi anda, namun tersenyumlah untuk diri anda sendiri, karena itu adalah penyemangat”, kata Dr. Nurul Ghufron, menyambung apa yang dikatakan oleh Dr. Aries. Semoga amanah.

Pewarta: Amir El Huda